Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mengembangkan wisata olahraga dengan skema pentahelix sebagai upaya memulihkan kondisi ekonomi warga akibat pandemi COVID-19.

"Skema pentahelix (keterlibatan para pihak) ini karena paling tepat serta sesuai dengan konsep dan arahan pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pamekasan Kusairi di Pamekasan, Rabu.

Wisata olahraga merupakan salah satu wisata yang bisa dikembangkan di Pamekasan, karena di kabupaten ini memiliki beragam jenis olahraga rekreasi, selain cabang olahraga yang tergabung dalam Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

Oleh karena itu, sambung Kusairi, pihaknya perlu mendorong dan memfasilitasi untuk mengembangkan wisata olahraga tersebut agar bisa bermanfaat bagi pengembangan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

Sebelumnya, saat menjadi narasumber dalam acara dialog bertajuk "Sport Tourisme dan Peran Jurnalis" yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan pada 12 Juni 2022, Kepala Disporapar Kusairi memaparkan pihaknya perlu menggandeng para pihak yang memiliki visi dan misi sama dalam memajukan wisata olahraga itu.

"Oleh karena itu, PWI Pamekasan kami harapkan ikut berperan. Apalagi, selama ini diskusi dengan teman-teman PWI selalu berlangsung edukatif dan memiliki visi yang sama dalam upaya mengembangkan sport tourisme," katanya.

Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pamekasan ini menjelaskan pada pengembangan wisata olahraga nanti, titik tekannya bukan hanya pada olahraga prestasi dan olahraga profesional, juga olahraga tradisional dan hiburan.

"Untuk itu, kolaborasi multi pihak penting dilibatkan untuk mewujudkan cita-cita ideal yang berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat di kabupaten ini," katanya.

Termasuk peran insan pers dan organisasi profesi wartawan, seperti PWI, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jusnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Ketua PWI Pamekasan Tabri Syaifullah Munir menyambut baik rencana itu.

"Kami tentu menyambut baik pengembangan wisata olahraga dengan skema pentahelix ini. PWI tentunya akan mengambil peran sesuai fungsi dan perannya sebagai jurnalis," katanya.

Skema atau konsep pentahelix merupakan konsep dimana unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan potensi lokal di suatu wilayah.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022