Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Jawa Timur menyalurkan 16 ekor sapi untuk kurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Ahad, kegiatan ini sekaligus sebagai agenda bakti sosial yang berkolaborasi dengan enam Pengurus Cabang HDCI kota/kabupaten di Jatim.

“Penyaluran hewan kurban ini sebagai agenda baksos rutin dan dibagikan kepada masyarakat untuk memperingati Idul Adha," ujar Ketua Umum HDCI Jawa Timur Tonny Wahyudi.

Masing-masing sapi dikirim ke masjid, antara lain di Polda Jatim, Satlantas Polrestabes Surabaya, Puspenerbal Juanda, Denpom V/Brawijaya serta sejumlah tempat ibadah umat muslim di Surabaya, Malang, Kediri, Madiun, Sidoarjo dan Gresik.

“Semua sapi kurban juga sudah melalui pemeriksaan kesehatan hewan sehingga dipastikan aman dari penyakit mulut dan kuku,” ucap Yudi Gendut, sapaan akrabnya.

Selama ini, kata dia, kegiatan sosial dan membantu masyarakat memang rutin dilakukan sebagai komitmen HDCI agar bermanfaat untuk sesama.

Beberapa yang sudah dilakukan antara lain di antaranya membangun tempat ibadah, membantu korban bencana, membiayai sekolah siswa, hingga memberangkatkan umroh marbot atau penjaga masjid.

Bahkan, kata dia, tahun ini secara serentak HDCI gencar melakukan kegiatan untuk menjadi pelopor membangkitkan perekonomian setelah terpuruk karena pandemi.

"Kegiatannya melalui acara besar di Bali, Sumatera, dan yang akan datang ‘Pahlawan Tour’ di Surabaya," ucapnya.

Sementara itu, KBO Satlantas Polrestabes Surabaya AKP Suud menyampaikan bahwa daging hewan kurban langsung disalurkan ke masyarakat sekitar masjid di area kantor Satlantas Surabaya.

"Terima kasih kami sampaikan. Daging kurban sumbangan dari HDCI Jatim kami salurkan kepada masyarakat sekitar,” kata perwira menengah Polri tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022