Sebanyak sembilan program studi (prodi) di Universitas Surabaya memperoleh akreditasi unggul berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Dalam satu tahun atau tahun 2022, sembilan prodi di Ubaya telah memenuhi kriteria pencapaian akreditasi unggul dari BAN-PT," kata Direktur Penjaminan Mutu dan Audit Internal Ubaya Gunawan Ph.D., di Surabaya, Jumat. 

Akreditasi unggul untuk jenjang strata 1 ada Prodi Akuntansi, Farmasi, Ilmu Hukum, Manajemen, Teknik Industri, dan Teknik Kimia.

Pada jenjang profesi ada Prodi Profesi Apoteker dan pada jenjang Strata 2 ada Prodi Magister Manajemen dan Magister Farmasi. 

Gunawan menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Mekanisme Akreditasi untuk Akreditasi yang Dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, akreditasi unggul merupakan konversi peringkat akreditasi A yang menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK). 

Kriteria dinilai dari kerja sama dan mobilitas internasional serta publikasi inovasi mahasiswa dan dosen. 

"Selain itu, hal ini juga didukung dengan perolehan akreditasi internasional. Contohnya, Teknik Kimia dan Teknik Industri yang telah mendapat akreditasi The Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dan Farmasi S1 dengan akreditasi Accreditation Council for Pharmacy Education (ACPE) disetarakan menjadi akreditasi Unggul," ujarnya. 

Adanya pencapaian ini dimaknai Rektor Ubaya Dr. Ir. Benny Lianto sebagai bukti bahwa Ubaya adalah perguruan tinggi swasta di Jawa Timur yang konsisten memberikan layanan pendidikan berkualitas yang telah diakui secara nasional maupun internasional. 

"Target Ubaya semua prodi bisa mendapat akreditasi unggul karena hampir semua prodi telah terakreditasi dan memiliki sertifikasi internasional," ujarnya. 

Melalui kualitas pendidikan yang sudah unggul ini, Benny berharap Ubaya dapat menjadi perguruan tinggi swasta di Indonesia yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

"Sesuai visinya, Ubaya bertekad menghasilkan lulusan yang bukan saja cerdas, tetapi juga berkarakter baik dan memiliki integritas," tuturnya. 
 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022