Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Selasa (21/6) malam melepas sebanyak 202 atlet untuk 26 cabang olahraga bertanding pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VII Tahun 2022.

Kontingen Situbondo akan tersebar pada empat kabupaten yang ditunjuk sebagai tuan rumah porprov, yakni Kabupaten Bondowoso, Jember, Lumajang, termasuk di Situbondo.

"Saya berpesan kepada para atlet agar menjaga nama baik Situbondo, dengan menjaga perilaku dan menjunjung sportivitas dalam bertanding karena perilaku yang baik mencerminkan citra suatu daerah," kata Wakil Bupati Ny. Hj. Khoirani dalam sambutannya pelepasan kontingen di Pendopo Kabupaten Situbondo.
Pelepasan 202 atlet Porprov jatim di Pendopo Kabupaten Situbondo, Selasa (21/6/2022) malam (ANTARA/ Novi H)


Ia juga berpesan kepada para atlet agar menjaga kekompakan dan kebersamaan. Sesuai dengan visi Pemeirntah Kabupaten Situbondo, yakni mewujudkan Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya).

"Utamakan akhlak, ketika akhlak sudah baik, Insyaallah kebaikan akan mengikuti," tutur Nyai Khoirani.

Sementara itu, Kaporles Situbondo AKBP Andi Sinjaya juga turut menyemangati para atlet. Menurut Kapolres Sndi, berlaga di ajang Porprov Jatim ini merupakan kesempatan emas yang harus dimanfaatkan dengan baik.

"Adik-adik atlet ini mendapatkan kesempatan emas, jangan sia-siakan. Kami dari forkopimda mendukung langkah kalian. Dan Kabupaten Situbondo mencapai Situbondo Berjaya," ujarnya.
Foto bersama forkopimda pada acara pelepasan 202 atlet Porprov jatim di Pendopo Kabupaten Situbondo, Selasa malam. (ANTARA/ Novi H)


Senada juga disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Situbondo, Nauli Rahim Siregar. Ia turur memberikan semangat berupa yel-yel yang diikuti oleh para atlet dan semua yang hadir.

"Kita menang! Bisa!. Kita sukses! Karena kita Berjaya!. Kita keren! Karena kita paten!," kata Kajari Nauli, sembari diikuti para atlet dan tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi berharap Porprov Jatim  2022 ini menjadi momentum bangkitnya dunia olahraga di Situbondo.

"Semoga event dua tahunan ini menjadi motivasi bagi para atlet dan generasi muda untuk lebih serius menggeluti dunia olahraga. Karena daerah yang sukses, salah satu alasannya, yaitu karena banyaknya atlet yang potensial dan selalu juara," katanya.
 
Forkopimda swafoto bersama atlet pada acara pelepasan kontingen Porprov jatim di Pendopo Kabupaten Situbondo, Selasa malam. (ANTARA/ Novi H)

Dari 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Porprov Jatim, Situbondo menerjunkan 202 atlet untuk 26 cabang olahraga.

26 cabor yang diikuti Situbondo, yaitu futsal, basket, badminton, balap sepeda gunung, voli indoor, senam, tenis lapangan, atletik, tarung derajat, sepak takraw, woodball, pencak silat, balap sepeda, angkat berat, voli pantai, petanque, hoki pantai (indoor/outdoor), anggar, bina raga, renang perairan terbuka, selam, catur, panahan, tenis meja, menembak, dan taekwondo.

Porprov VII Jatim mempertandingkan 47 cabang olahraga, sebanyak 11 cabang di antaranya bertanding di arena perlombaan (venue) Situbondo, yakni voli pantai, panjat tebing, renang perairan terbuka (open water swimming/OWS), selam (OBA), hoki pantai (indoor/outdoor), angkat berat, binaraga, anggar, dan petanque. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022