Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Jawa Timur menyambut positif pertemuan pada tingkat pusat antara Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

“Kami melihatnya sebagai sesuatu yang harus disambut positif menjelang Pemilihan Umum 2024,” ujar Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad ketika dihubungi di Surabaya, Senin.

Ia menegaskan kader di Jatim berkomitmen tegak lurus mengikuti komando Prabowo Subianto terkait Pilpres 2024.

Wakil Ketua DPRD Jatim itu mengatakan kerja sama antara Gerindra dan PKB pantas dan potensial dalam kalkulasi politik.

Menurut ia, kerja sama tersebut bisa memadukan dua entitas yang mencakup banyak hal, seperti kelompok nasionalis, agama, militer, sipil, dan lainnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/6) malam, Muhaimin Iskandar mengunjungi kediaman Prabowo Subianto di Jakarta.

Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro berpendapat pertemuan tersebut merupakan upaya kedua partai yang sedang membangun kerja sama menuju koalisi Pemilu 2024.

Selain itu, pertemuan keduanya merespons terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diinisiasi tiga partai politik lainnya, yaitu Partai Golkar, PPP, dan PAN.

Menurut Siti, tidak hanya Gerindra dan PKB, semua partai politik akan merespons sikap politik KIB dalam waktu dekat atau setidaknya menjelang Pemilu 2024.

“Semua partai akan merespons apa yang sudah dilakukan KIB, termasuk merespons yang sudah dilakukan Partai NasDem dengan mendeklarasikan tiga calon yang akan diusung pada Pilpres 2024," kata Siti.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022