PT Bestprofit Futures bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menargetkan sedikitnya 200 orang peserta dalam semarak peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022.

Kepala Cabang PT BPF Malang Andri di Malang, Jawa Timur, Sabtu, mengemukakan kegiatan donor darah tersebut merupakan aksi kemanusiaan bersama yang harus dilakukan meski saat ini masih masa pandemi COVID-19.

"Penyelenggaraan donor darah bersama PWI Malang Raya ini untuk membantu menambah ketersediaan dan memenuhi kebutuhan darah di sejumlah rumah sakit di Malang dan sekitarnya maupun UPTD PMI," kata Andri di sela pelaksanaan donor darah di BPF Tower Malang.

Andri mengemukakan selama pandemi COVID-19 yang memasuki tahun ketiga ini, ketersediaan darah di rumah sakit maupun PMI menurun drastis karena warga yang mendonorkan darahnya menurun hampir 40 persen.
 
"Selama dua tahun terakhir atau selama pandemi berlangsung jumlah pendonor menurun drastis. Kami siap mengerahkan sekitar 160 karyawan BPF untuk berpartisipasi, ditambah anggota PWI tentunya akan lebih banyak lagi kantong darah yang kita peroleh," kata Andri.

Mengambil tempat di BPF Tower Malang, anggota PWI Malang Raya beserta karyawan perusahaan pialang berjangka ini mendonorkan darahnya. Namun, dengan tetap menegakkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

Kegiatan sosial ini bertajuk, "Donorkan Darahmu Sehatkan Tubuhmu untuk Aksi Kemanusian".

Dalam kesempatan sama, Ketua PWI Malang Raya Cahyono mengapresiasi kegiatan sosial tersebut sebab sering mendapat informasi stok darah di PMI berkurang.

"Ini langkah tepat untuk menabung pahala. Sinergi antara BPF dan PWI Malang Raya telah berjalan lama dari berbagai kegiatan, terutama kegiatan sosial. Ini patut ditingkatkan, andai semua perusahaan seperti BPF, pasti akan lebih baik lagi," ucap Cahyono.

Cahyobo menuturkan kegiatan sosial tidak hanya berhenti disini, perlu upaya-upaya lanjutan untuk membantu pemerintah daerah agar derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat meningkat. "Donor darah ini sebagai bentuk aksi sosial penyelamatan agar banyak nyawa yang terselamatkan," pungkas Cahyono.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022