Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku menikmati pertandingan mereka saat menghadapi Lee Yang/Wang Chi Lin pada babak perempat final Indonesia Masters, yang kerap memberikan pukulan drive, Jumat.

Menurut ganda putra unggulan kelima, Lee/Wang memang kerap memberikan drive yang rapat kepada lawan, namun hal ini justru menjadi kondisi favorit yang menguntungkan pola permainan Fajar/Rian.

"Tipe mereka memang suka drive ya, dan itu malah jadi kesukaan kami karena tidak perlu angkat bola atau sering smes. Pokoknya kami tinggal tunggu bola dari mereka saja di depan, tahan saja," kata Fajar soal pertandingannya di Istora Senayan Jakarta.

Fajar/Rian menghabiskan waktu 45 menit untuk menyingkirkan ganda Taiwan itu dengan skor 21-15, 21-18 dan lolos ke semifinal.

Baca juga: Indonesia Masters 2022: Kevin/Marcus berjuang tiga untuk raih tiket semifinal

Pengembalian drive terbukti menguntungkan Fajar/Rian dalam beberapa kesempatan. Saat wakil Indonesia unggul satu atau dua poin, Lee/Wang biasanya akan memainkan drive andalan mereka untuk memberikan tekanan balik.

Namun, pada kasus pertandingan hari ini, drive yang dilakukan peraih medali emas Olimpiade Tokyo itu justru tak terukur dan kerap berakhir dengan kehilangan poin.

Baca juga: Indonesia Masters 2022: Anthony Ginting depak juara All England

Hal ini menjadi keunggulan yang dimiliki Fajar/Rian atas Lee/Wang yang belum dibukukan oleh Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sekalipun. Kini Fajar/Rian mencatatkan skor pertemuan 4-1 dengan ganda putra asal Taiwan itu.

"Kalau dibilang cocok-cocokan ya tidak tahu, karena mereka (Lee/Wang) juga pemain yang luar biasa. Setiap pemain punya hasil pertandingan yang berbeda-beda, dan kebetulan gaya main mereka pas di kami," Fajar menuturkan.

Selanjutnya di babak empat besar, Fajar/Rian akan menghadapi ganda putra asal China  He Ji Ting/Zhou Hao Dong. Sejauh ini, catatan pertemuan mereka imbang 1-1.

"Kelebihan pemain China punya tenaga yang besar, antisipasinya ya kami harus menyerang lebih dulu. Kalau mereka yang menyerang duluan malah kami yang akan kesulitan," kata Rian.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke babak perempat final Indonesia Masters 2022 setelah menundukkan juniornya Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. (*)

Baca juga: Indonesia Masters 2022: Kevin/Marcus susul Fajar/Rian ke perempat final
Baca juga: Indonesia Masters 2022: Fajar/Rian hentikan juniornya untuk masuk perempat final
 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022