Pihak Kepolisian Bern menyampaikan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ditemukan di cekungan bendungan air Engehalde, Bern, Swiss, pada Rabu (8/7) pagi sekitar pukul 06.50 waktu setempat.

"Sejumlah petugas khusus polisi maritim kepolisian Kantor Bern berhasil menemukan jenazah di cekungan bendungan air dan mengamankannya," jelas siaran pers di laman kepolisian Bern dikutip pada Kamis malam.

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022.

Baca juga: Jasad putra Ridwan Kamil ditemukan

Setelah mengevakuasi jenazah, pihak kepolisian Bern melakukan penyelidikan forensik untuk mengidentifikasinya. Hasil pemeriksaan memastikan bahwa tubuh tersebut adalah jenazah Eril.

"Seluruh penyelidikan saat ini telah tuntas," demikian siaran pers kepolisian Bern.

Baca juga: Penjelasan Dubes Muliaman soal penemuan jasad Eril

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad dalam konferensi pers virtual mengungkapkan bahwa jasad Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, telah ditemukan pada Rabu (8/6) waktu setempat.

Kepastian ditemukannya jasad Emmeril, yang akrab disapa Eril, disampaikan Dubes Muliaman Hadad berdasarkan keterangan dari Kepolisian Kanton Bern.

“Kemarin Kepolisian Kanton Bern telah bertemu kami di KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah Ananda Eril pada sekitar jam 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB,” kata Muliaman dalam konferensi pers secara daring, Kamis malam.

Selanjutnya, KBRI Bern akan mengawal proses pemulangan jenazah Eril hingga sampai di Tanah Air.

“KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia,” kata Muliaman Hadad.

Baca juga: KBRI Bern kawal pemulangan jenazah putra Ridwan Kamil
Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan dukacita atas meninggalnya Putra Ridwan Kamil
Baca juga: Keluarga Ridwan Kamil ikhlaskan kepergian Eril

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022