Ketua Panitia Nasional Bulan Bung Karno Andreas Hugo Parera mengajak anak-anak yatim piatu mendoakan dan meneladani Presiden RI pertama Soekarno atau Bung Karno di tempat kelahirannya di Pandean Gang IV No. 40, Kota Surabaya, Minggu.

"Bersama anak-anak yatim piatu, mendoakan Sang Proklamator, Bapak Bangsa, Bung Karno, yang lahir di rumah kecil Jalan Pandean IV No. 40. Semoga beliau mendapatkan tempat yang mulia, yang terbaik, di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa," kata Andreas Hugo Parera saat memberikan sambutan acara santunan anak yatim.

Andreas, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini berharap Kampung Pandean IV dan rumah Nomor 40 semakin terangkat lagi di skala nasional dan internasional.

"Sehingga semakin banyak warga masyarakat yang berkunjung, terutama kaum muda, pelajar, mahasiswa, kaum milenial, yang datang ke sini. Kampung Pandean Gang IV sebagai titik start atau awal perjalanan hidup Soekarno," kata Andreas.

Menurut dia, Bung Karno dikenal dekat dengan kaum muda, dekat dengan anak-anak generasi penerus. "Maka, mari meneladani dan serap api perjuangan Bung Karno untuk rakyat dan bangsa Indonesia," ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Baktiono mengatakan, masyarakat Surabaya harus bangga karena Bung Karno terlahir di Kota Pahlawan ini.

"Karena penulisan sejarah pemerintahan Orde Baru, Bung Karno disebut lahir di Blitar. Setelah Orde Baru jatuh, maka ditemukan fakta bahwa Bung Karno lahir di rumah Jalan Pandean IV No. 40. Jadi, Bung Karno arek Suroboyo," kata Baktiono. 
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022