Kepolisian Resor (Polres) Malang akan melakukan optimalisasi pengamanan penyelenggaraan turnamen pramusim 2022 yang akan dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk grup D.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan koordinasi dengan panitia pelaksana terkait masalah kesiapan untuk menjadi tuan rumah pada pertandingan grup D tersebut.

"Nanti akan saya bicarakan dengan panitia pelaksana terlebih dahulu masalah kesiapan kita menjadi tuan rumah," kata Ferli.

Ferli menjelaskan, pada prinsipnya Polres Malang mendukung penuh pelaksanaan turnamen pra-musim 2022 yang digelar di Stadion Kanjuruhan tersebut, dengan catatan para pendukung yang hadir langsung harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

Menurutnya, jika melihat pembagian grup saat ini, klub-klub yang bertanding pada grup D turnamen pra-musim 2022, yakni Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar dan Persik Kediri tersebut bisa menjaga kondusifitas selama berjalannya turnamen itu.

"Jika melihat pembagian grup, saya pikir empat tim ini bisa bersama-sama membantu kondusifitas jalannya pertandingan," ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan pengalaman pada laga uji coba antara Arema FC melawan PSIS Semarang yang digelar pada 22 Mei 2022, ada sejumlah catatan yang menjadi bahan evaluasi Polres Malang.

Sejumlah bahan evaluasi tersebut, lanjutnya antara lain adalah masih adanya pendukung yang menyalakan flare atau suar pada saat berada di dalam Stadion Kanjuruhan Malang. Kemudian, juga masih ada sejumlah kejadian pencopetan.

"Ini tentu menjadi atensi tersendiri nanti di kalangan internal kami khususnya, yang bertugas di bidang pengamanan, supaya tidak terjadi lagi," tuturnya.

Ke depan, lanjut Ferli, pihaknya akan mengajak seluruh elemen termasuk para pendukung Arema FC yang biasa dikenal dengan sebutan Aremania, untuk turut serta menjaga dan bertanggung jawab terkait masalah keamanan termasuk penggunaan flare di dalam stadion.

Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menuntaskan pengundian grup turnamen pramusim 2022 dengan 18 peserta dari Liga 1 Indonesia 2022/2023 dan dibagi dalam empat grup.

Pada Grup A yang berlangsung di Solo, dihuni oleh Persis, PSIS Semarang, Martapura Dewa United, Persita dan PSS Sleman. Kemudian pada Grup B, diisi oleh Persija, Barito Putera, RANS Cilegon FC, Madura United dan Borneo FC yang menjadi tuan rumah di Samarinda, Kalimantan Timur.

Sementara pada Grup C yang akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, diisi Persib Bandung, Bali United, Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya. Sedangkan Grup D bermaterikan tuan rumah Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, dan Persik Kediri

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022