Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin meminta warga untuk mengaktifkan kembali poskamling untuk mewujudkan sistem keamanan terpadu di lingkungan masyarakat.

Permintaan itu disampaikan wali kota saat menggelar kegiatan sosialisasi peningkatan sistem keamanan terpadu di halaman Kantor Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Jumat.

"Terima kasih atas peran aktif Babinsa, Babinkamtibnas, dan Linmas dalam membantu Pemerintah Kota Probolinggo untuk terus menjaga, meningkatkan keamanan lingkungan dan mendampingi warga mengaktifkan siskamling," katanya di Kota Probolinggo.

Menurutnya, sangat penting melihat situasi dan kondisi yang seperti itu karena keamanan adalah tanggung jawab bersama, sehingga pemerintah, TNI, dan Polri pasti akan membantu dalam hal pengamanan, tapi untuk mengamankan di masing-masing tempat yaitu keterlibatan dari masyarakat harus jadi pelopor di wilayah masing-masing.

"Karena tidak mungkin kita bisa menyelesaikan suatu permasalahan apabila warganya tidak ikut bersama-sama. Jadi saya harap untuk mengaktifkan kembali siskamling di wilayahnya masing-masing," tuturnya.

Ia menjelaskan perlunya tindakan persuasif terhadap warga yang melakukan pelanggaran dalam hal keamanan artinya apabila ada warga yang perlu diberikan pemahaman terkait keamanan bisa dijelaskan.

"Apabila dari Linmas kurang paham, bisa langsung bertanya ke Babinkamtibnas/Babinsa/Lurah, sehingga lambat laun bisa meningkatkan kesadaran tentang keamanan lingkungan masing-masing," ucap wali kota yang biasa dipanggil Habib Hadi.

Menurutnya, peran lain dari Linmas ialah membantu aparat pemerintah dalam memantau tindakan yang melanggar aturan karena tanpa ada keterlibatan masyarakat di lapisan bawah, pemerintah dan aparat tidak mungkin tahu apa ada kegiatan yang melanggar aturan.

"Saya berharap sebagai penegak ketertiban di wilayahnya, Linmas dapat melaporkan segala kejadian yang berhubungan dengan keamanan. Meskipun di wilayahnya sudah aman dan tertib, tetap harus waspada dan mawas diri," ujarnya.

Habib Hadi Juga mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta mengimbau Linmas mengunduh aplikasi Mangga Manis yang merupakan aplikasi dari kepolisian, apabila ada sesuatu hal terjadi terkait keamanan dan ketertiban.

Sementara Camat Kademangan Ghofur Effendi mengatakan sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan peran serta Linmas guna membantu tugas Babinkamtibnas dan Babinsa dalam menjaga stabilitas keamanan di lingkungan, khususnya di lingkungan se-Kecamatan Kademangan.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022