DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya akan menggelar senam Indonesia cinta tanah air secara serentak di 32 titik kota itu pada Jumat (20/5). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).

"Kami targetkan sedikitnya kegiatan senam itu diikuti 3.300 peserta. Peserta memakai kaos merah, dan memakai celana training putih," kata Ketua Panitia sekaligus Bendahara DPC PDI Perjuangan Surabaya, Taru Sasmita, di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, untuk meramaikan senam yang digelar mulai pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB tersebut, anggota DPRD Kota Surabaya dari Fraksi PDI Perjuangan akan mengerahkan jaringannya.

Ia mengatakan, gerakan senam itu adalah program kegiatan dari DPP PDI Perjuangan, yang berlaku skala Nasional. Rencananya senam tersebut digelar serentak dan disiarkan langsung melalui YouTube dan media sosial.

"Kami yakin para kader dan pengurus PDI Perjuangan Kota Surabaya antusias mengikuti senam itu, makanya kegiatan itu digelar di seluruh kecamatan. Beberapa hari ini, panitia cukup aktif melakukan persiapan," jelasnya.

Pelaksanaan program senam tersebut juga sekaligus menyongsong HUT ke-729 Kota Surabaya pada 31 Mei 2022.

"Kami syukuri pandemi COVID-19 semakin melandai, dan sekarang sudah berstatus PPKM Level 1. Aktivitas sosial ekonomi masyarakat terus tumbuh, tidak terkecuali kegiatan olahraga, diantaranya senam," ucap Taru.

Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat mengatakan, gerakan senam tersebut didesain dan diluncurkan oleh DPP PDI Perjuangan pada awal Januari 2022. Gerakan-gerakannya membuat tubuh menjadi segar dan bugar.

"Gerakannya menyenangkan dengan diiringi lagu-lagu khas Indonesia, dengan menggunakan aransemen musik dan lagu nasional, lagu perjuangan, serta lagu-lagu daerah di tanah air,” kata Achmad.

Melalui senam itu, diharapkan juga dapat menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, pada budaya masyarakat Indonesia, juga pada spirit kebangsaan.

"Kami tanamkan rasa cinta tanah air, spirit kebangsaan, dan semangat perjuangan untuk Indonesia Raya. Besok senam itu akan diikuti anak-anak muda, kaum dewasa, laki-laki dan perempuan," kata alumni GMNI Unesa itu.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono, menambahkan senam itu telah disosialisasikan kepada warga masyarakat luas. 

"Melalui para instruktur senam, jaringan para kader dan pengurus di kampung-kampung, serta anggota legislatif dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya, sudah aktif mensosialisasikan gerakan senam tersebut," ungkapnya yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

Baca juga: Whisnu: PDIP Surabaya harus solid jika targetkan "hattrick" pada Pemilu 2024

Baca juga: PDIP Surabaya: Peringatan Hari Raya Waisak momentum menebar kebaikan

Baca juga: PDIP Surabaya bangga Megawati dianugerahi gelar profesor dari SIA Korsel

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Rachmat Hidayat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022