Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor optimistis frontage road   sekitar 3,1 kilometer dari Bundaran Aloha akan tembus sampai ke Buduran jalan Lingkar Timur, Maspion II yang kini dalam proses uuntuk dikerjakan, pada tahun depan sudah bisa dilewati.

"Sekarang sudah masuk tahap lelang dan akhir Juni Dinas PU Bina Marga SDA akan melakukan penandatanganan kontrak kerja sama dengan pihak ketiga," katanya di Sidoarjo, Rabu.

Sejauh ini, kata Gus Muhdlor, pelaksanaan proyek pembangunan frontage road sudah sesuai dengan jadwal termasuk pembebasan peta bidang sudah dalam proses di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo. Total ada 12 peta bidang yang dalam waktu dekat proses appraisal

“Proyek pembangunan frontage road kami kebut sepanjang 3,1 kilometer lagi sudah tembus dari Bundaran Aloha hingga jalan Lingkar Timur Buduran," katanya.

Tahun depan, lanjut Gus Muhdlor, jalan frontage road mulai Aloha hingga Lingkar Timur PT. Maspion II Buduran sudah bisa dilalui kendaraan. Tembusnya jalan frontage road Aloha-Gedangan-Buduran tersebut akan mengurangi volume kepadatan kendaraan dari arah Surabaya menuju Sidoarjo.

"Pembangunan kita pantau terus agar selesai tepat waktu dan tahun depan bisa segera dimanfaatkan agar kemacetan mulai dari Aloha hingga Buduran bisa segera terurai. Selanjutnya kita akan fokus menyambung ruas Waru tembus Aloha di tahun depan. Jadi tahun 2024 nanti sudah tuntas nyambung dari Waru hingga Buduran,” katanya.

Sedangkan untuk pembangunan jalan frontage road ruas Waru mulai dari Pabrik Paku hingga Aloha akan dikebut pembangun tahun 2023. Untuk mempercepat pembangunan tersebut tahun ini Dinas PU Bina Marga SDA sudah memproses pembebasan lahan

"Jumlah lahan yang dibebaskan ada 12 peta bidang. Itu termasuk peta bidang di Delta Sari Waru jumlah ada 5 bidang. Kemudian 7 bidang ada di Gedangan,” kata Plt. Kepala Dinas PU Bina Marga SDA Dwi Saptono.

Dari ke 12 peta bidang tersebut, Dwi menyampaikan pihaknya sudah siap untuk melakukan proses ganti rugi.

"Target proses ganti rugi tuntas sebelum penandatanganan perjanjian kontrak kerja dengan pihak ketiga yang menggarap proyek frontage road. Sejauh ini berjalan sesuai rencana dan dalam waktu dekat kami akan koordinasi lagi dengan BPN untuk membahas progres," ucapnya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022