Kepala SMA 17 Agustus 1945 (SMATAG) Surabaya Prehantoro berharap sebanyak 70 persen lulusan sekolahnya dapat diterima masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pada tahun ini.

Prehantoro usai mewisuda sebanyak 234 siswa secara tatap muka di Surabaya, Sabtu, mengatakan sudah ada 16 siswa SMATAG yang masuk perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). 

"Harapannya, 70 persen bisa diterima di perguruan tinggi lewat jalur SBMPTN. Tahun lalu hanya 45 persen, jumlah ini menurun dibandingkan sebelum pandemi yang juga 70 persen," katanya. 

Pada SNMPTN tahun ini rata-rata siswa SMATAG diterima di program studi (prodi) teknik dan prodi ekonomi.

Menurutnya, SMATAG mempunyai banyak siswa dengan nilai intelektual bagus dari sisi akademik dan non-akademik, juga meraih banyak prestasi dan dinobatkan sebagai siswa terbaik. 

"Sejak tahun lalu SMATAG menjadi sekolah swasta terbanyak yang diterima di PTN. Jadi, kami terus berpacu untuk terus berprestasi. Kami harap siswa tetap menjaga perilaku dan memiliki semangat belajar," kata dia. 

Sementara itu, salah satu siswa SMATAG yang diterima di UPN Veteran Jawa Timur pada jalur SNMPTN adalah Siti Fauziah. 

"Alhamdulillah diterima di Teknik Sipil UPN Jatim. Sejak awal saya ingin diterima di teknik sipil dan selama ini selalu mengejar target nilai," ujarnya. 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022