Manajemen PT Dharma Dwipa Utama mencatat pada H-4 hingga H-2 Lebaran 2022 jumlah penumpang kapal feri rute Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pulau Raas dan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, mencapai 1.919 orang pemudik.

"Lonjakan penumpang atau pemudik cukup signifikan pada 28-29 April 2022, yang memang diprediksi sebagai puncak arus mudik," ujar Manajer PT Dharma Dwipa Utama (DDU) Maman Surachman di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut dia, jauh hari sebelumnya sebagai operator telah melakukan upaya antisipasi terjadinya lonjakan penumpang saat puncak arus mudik, dengan menambah trip pelayaran kapal feri guna mengurai tumpukan penumpang di Pelabuhan Jangkar.
Penumpang kapal feri di Pelabuhan jangkar Situbondo. Sabtu (30/4/2022) (ANTARA/Novi H)

Katanya, ada dua unit armada kapal feri PT Dharma Dwipa Utama yang beroperasi di lintasan Jangkar-Raas, Jangkar-Sapudi, Jangkar-Kalianget, yakni KMP Dharma Kartika dan KMP Satya Kencana.

"Masing-masing kapal feri yang beroperasi rute Pelabuhan Jangkar ke kepulauan di Kabupaten Sumenep, kapasitasnya sekitar 250 orang penumpang," kata Maman.

Data diperoleh, pada tanggal 28 April 2022 atau H-4 Lebaran, dua kapal feri PT Dharma Dwi Utama itu mengangkut pemudik rute Jangkar-Raas dua trip pelayaran dengan mengangkut sebanyak 549 orang penumpang, dan rute Jangkar-Sapudi (satu trip) mengangkut 208 penumpang.
 
Kendaraan roda dua pemudik parkir di area Pelabuhan Jangkar Situbondo. Sabtu (30/4/2022) (ANTARA/Novi H)

Sementara pada 29 April 2022 (H-3), KMP Dharma Kartika rute Jangkar-Raas mengangkut sebanyak 295 penumpang dan KMP Satya Kencana dengan rute yang sama mengangkut pemudik sebanyak 314 orang.

Pada H-2 Lebaran hari ini, KMP Dharma Kartika mengangkut 296 orang penumpang tujuan Pulau Raas, dan KMP Satya Kencana rute Jangkar-Sapudi mengangkut 257 penumpang. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022