Pondok Pesantren Darul Hikam menggandeng Pengurus Cabang IPNU-IPPNU Jember menggelar bedah buku tentang pentingnya sedekah di Masjid Raudlatul Muchlisin, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

Bedah buku berjudul "Bersedekahlah, Anda akan Kaya dan Hidup Berkah" menghadirkan narasumber Pengasuh Ponpes Darul Hikam dan Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Noor Harisudin dan Sigit Laksmono Bimantoro sebagai narasumber pembanding.

Takmir Masjid Raudlatul Muchlisin Kiai Haji Syamsul Arifin sebagai dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan semacam itu merupakan kegiatan positif dan mengajak semua peserta untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

"Semua manusia punya rencana, tapi tidak semua apa yang direncanakan bisa dikabulkan oleh Allah. Kita syukuri hari ini rencana kita untuk bisa menghadiri kegiatan seminar dan bedah buku dikabulkan oleh Allah SWT," katanya.

Ketua PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jember Alfan mengatakan pengantar dan apresiasi yang tinggi untuk buku yang di bedah tersebut karena buku itu tidak hanya ditulis secara teoritis namun juga secara aplikatif.

"Penulis buku itu juga seorang kiai dan akademisi, patut jika buku ini sangat menarik untuk dibaca," ujarnya.

Sementara Pengasuh Ponpes Darul Hikam M. Noor Harisudin mengatakan buku tersebut diambil langsung dari kisah nyata yang ada di lapangan karena cerita yang ditulis dalam buku terinspirasi dari sahabat-sahabatnya yang senang bersedekah.

"Buku itu terinspirasi dari beberapa teman saya di antaranya Bapak Hobri yang menjadi Dosen FKIP Unej yang setiap tahunnya selalu berkurban sapi dan dagingnya diolah kemudian dibagi-bagikan kepada tetangga," katanya.

Ia menjelaskan bersedekah tidak hanya memberikan manfaat kepada orang yang diberi, namun juga kepada orang yang memberikan sedekah karena sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW "Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah".

"Hal itu berarti kedudukan orang yang bersedekah jauh lebih baik dari pada orang yang diberi sedekah," tuturnya.

Ia mengatakan sudah saatnya masjid-masjid diramaikan dengan anak-anak muda yang semangat dengan mengadakan berbagai kegiatan yang positif seperti seminar dan bedah buku tersebut.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022