Institut Francais Indonesia (IFI) Surabaya menggelar kontes musik La Vie en Rose bagi musisi lokal di Jawa Timur, untuk mendorong kreativitas seni bagi musisi di daerah.

Direktur IFI Surabaya Sandra Vivier di Surabaya, Kamis (14/4), mengatakan La Vie en Rose merupakan lagu asal Prancis yang dipopulerkan penyanyi Edit Piaf pada 1946.

"Sejak itu, dari tahun ke tahun lagu ini banyak dinyanyikan ulang oleh sejumlah musisi kenamaan dunia. Terakhir dibawakan oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Lady Gaga," katanya kepada wartawan.

Ia mengatakan kontes ini dibuka secara gratis melalui pendaftaran secara daring dari 12 April-12 Mei 2022, melalui laman https://bit.ly/PendaftaranLaVieEnRose.

Sandra yang juga mahir bermain piano itu, mengaku akan menjadi salah satu juri dalam kontes tersebut, didampingi juri lainnya yang merupakan pengajar musik Finna Kurniawati, pecinta musik Ricky Coen Arifin, dan keduanya adalah warga negara Indonesia, serta ditambah musisi asal Belgia Gabriel Laufer.

Ia mengungkapkan peserta kontes hanya diminta untuk menginterpretasikan secara bebas musik Prancis pilihan mereka, dan tampil satu kali secara langsung saat audisi.

"Semua jenis musik, seperti klasik, pop, jaz, dan rok dipersilakan," ujarnya.

Audisi akan dilaksanakan secara tatap muka di panggung semi outdoor lingkungan kantor IFI Surabaya, Kompleks AJBS Surabaya, mulai pertengahan Mei hingga awal Juni 2022.

"Penilaian oleh dewan juri dilakukan secara daring dan luring," ucap dia.

Musisi pemenang, selain mendapatkan hadiah sejumlah uang, juga akan diberi ruang konser pada perayaan Hari Musik Fete de la Musique pada 18 Juni 2022 di Komplek AJBS Surabaya.

Sebelumnya, sejak 1982, "Fete de la Musique" dirayakan secara rutin setiap awal musim panas pada 21 Juni di Prancis, dan dalam perkembangannya rutin dirayakan di sejumlah negara, khususnya kawasan Eropa.

"Kami juga berencana menggelar konser tur bagi pemenang pertama, yakni di Kota Malang dan Jombang pada bulan Agustus mendatang," katanya. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022