Kepala Bidang Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Surabaya Kombes Polisi Sodiq Pratomo menyebut api pertama yang memicu terjadinya kebakaran di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza 5 pada Rabu (13/4) petang berasal dari lantai 10.

Hasil itu didapat setelah tim Labfor Mabes Polri melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya selama tujuh jam, mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. 

"Ada empat tempat (TP-5) yang terbakar masing-masing lantai 4, lantai 5, lantai 10, dan lantai 11. Kemudian kita telusuri dan kita temukan awal api kebakaran berasal dari lantai 10," kata Kombes Sodiq kepada awak media di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis.

Baca juga: Labfor Polda Jatim cari lokasi api pertama kebakaran Tunjungan Plaza 5
Baca juga: Pakuwon sebut penyebab kebakaran TP 5 dari korsleting sirkuit pendingin bioskop

Dari hasil olah TKP kebakaran pusat perbelanjaan TP-5 Surabaya itu, ada beberapa barang bukti yang diamankan oleh tim Labfor Polri, di antaranya abu kebakaran, kabel listrik dan bekas lampu.
Kobaran api muncul dari Tunjungan Plaza 5 yang terbakar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Dugaan awal sementara kebakaran TP-5 Surabaya akibat korsleting listrik. Hanya saja, Kombes Sodiq belum bisa memastikan korsleting listrik itu merupakan penyebab utama atau bukan karena masih akan dilakukan uji forensik.

"Saya belum bisa simpulkan sekarang, masih kita sinkronkan setelah barang bukti itu kita periksa secara lab. Namanya korsleting listrik itu bisa jadi penyebab, tapi juga bisa jadi akibat," ucapnya.

Baca juga: Polisi selidiki penyebab kebakaran Tunjungan Plaza 5 Surabaya

"Artinya, korslet kemudian terbakar atau terbakar dulu kemudian korslet bisa. Kita punya alat untuk menentukan kabel itu korslet sebelum atau sesudah terbakar," ujarnya, menambahkan. 

Tak hanya barang bukti yang ditemukan, tim Labfor Polri juga akan menyinkronkan hasil temuan dengan keterangan saksi dan denah gedung yang dimiliki pengelola pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza. 

Kombes Sodiq menambahkan pihaknya tetap memberi garis polisi di lantai 10 dan 11 gedung TP-5 agar tidak digunakan sementara waktu untuk kepentingan investigasi lanjutan apabila diperlukan. Sedangkan area lantai 4 dan lantai 5 yang terdampak kebakaran sudah boleh dibuka.

Baca juga: Pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza 5 Surabaya terbakar

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022