Perusahaan peleburan dan pemurnian tembaga di Gresik, PT Smelting, menggelar kegiatan vaksinasi penguat atau booster bagi kalangan industri dan masyarakat umum di Kabupaten Gresik, Jatim.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier di Gresik, Jumat, mengatakan vaksinasi ini merupakan kali ketiga setelah pada Maret dan November 2021 diadakan vaksinasi dosis 1 dan 2.

"Kal ini tanggal 25-26 Maret 2022 dilanjutkan dengan kegiatan vaksinasi booster sebanyak 2.500 dosis," kata Taufiek saat menghadiri kegiatan vaksinasi di Wisma PT Smelting.

Taufiek mengapresiasi vaksin dosis 3 yang dilakukan PT Smelting karena mempercepat capaian vaksinasi, khususnya di Kabupaten Gresik.

"Ini bisa jadi contoh bagi industri lain di Gresik, bahkan nasional untuk melakukan hal yang sama. Apalagi yang divaksin Smelting ini bukan hanya karyawan, tapi juga masyarakat sekitar," katanya.

Menurut Taufik, kesehatan masyarakat merupakan hal pokok dalam pembangunan nasional sebab dengan sehatnya masyarakat ekonomi akan tumbuh.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis Irjuniawan P. Radjamin mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen PT Smelting dalam membantu pemerintah mengatasi pandemi COVID-19.

"Kami semua berharap dengan kegiatan vaksinasi booster ini semakin banyak warga Gresik dan sekitarnya yang terjangkau dan kita semua cepat terbebas atau terlindungi dari penyebaran virus corona," kata Wawan, sapaan akrab Irjuniawan P Radjamin.

Pada kesempatan sama, anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri mengatakan vaksinasi industri yang dilakukan Smelting bisa mempercepat capaian vaksin di Kabupaten Gresik. "Capaian vaksin di Gresik ini, terutama lansia bisa cepat. Semoga ini diikuti perusahaan lain," kata legislator muda ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Mukhibatul Khusnah mengajak semua masyarakat untuk ikut vaksin penguat maupun vaksin reguler.

"Saya lihat banyak masyarakat di sini yang ikut vaksin, selain karyawan Smelting. Nah, perlu terus digalakkan oleh swasta seperti PT Smelting," katanya.

Vaksinasi yang digelar PT Smelting kali ini kembali bekerja sama dengan Yellow Clinic menyediakan vaksin booster sebanyak 2.500 dosis Astra Zeneca.

Selain melakukan vaksinasi untuk karyawan, keluarga dan kontraktor PT Smelting, juga dilakukan vaksinasi bagi warga desa di ring satu sekitar pabrik, yakni warga Desa Roomo, Tlogopojok, Lumpur, dan Sukomulyo.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022