Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Brigjen Polisi Slamet Hadi Supraptoyo mengapresiasi inovasi pelayanan masyarakat melalui aplikasi "Prabu Presisi Mangga Manis" yang diluncurkan Polres Probolinggo Kota di markas kepolisian setempat, Rabu.

"Saya sangat mengapresiasi program yang telah dilaksanakan oleh Polres Probolinggo Kota dalam rangka meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat sesuai harapan Bapak Kapolri," kata Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Slamet Hadi Supraptoyo di Kota Probolinggo.

Menurutnya, peluncuran aplikasi tersebut menunjukkan program Presisi Kapolri sudah dilaksanakan, sehingga pihaknya bangga terhadap apa yang telah dilaksanakan oleh Polres Probolinggo Kota.

"Adanya aplikasi itu tidak akan bisa berjalan tanpa kerja sama antar-instansi dan sinergitas forkopimda diharapkan terus terjaga setelah peluncuran aplikasi itu sebagai wujud komitmen dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

Ia mengatakan peluncuran Program Rumah Keadilan Restoratif Bhabin diharapkan dalam setiap permasalahan dapat diselesaikan di tingkat bawah dengan menggunakan asas musyawarah untuk mufakat tanpa ada salah satu pihak yang dirugikan.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani dalam sambutannya mengatakan peluncuran pelayanan publik kepada masyarakat Kota Probolinggo dengan beberapa branding seperti aplikasi Prabu Presisi berbasis android.

"Dari sembilan inovasi, dua program di antaranya diluncurkan saat ini dan tujuh program lainnya sudah berjalan," katanya.

Ia menjelaskan ada satu inovasi yang akan ditonjolkan dan hal itu terkait teknologi informatika yakni dengan adanya aplikasi itu masyarakat bisa kapan saja melaporkan kejadian yang berkaitan dengan kamtibmas di tempat tinggal-nya melalui Aplikasi Prabu Presisi Mangga Manis.

"Hal itu bertujuan untuk kecepatan dan tanggap terhadap laporan dari masyarakat terkait gangguan keamanan dan ketertiban yang berada di wilayah hukum Kota Probolinggo," ujarnya.

Wadi berharap dengan adanya aplikasi itu maka pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik serta dukungan dari empat pilar untuk tetap berkomitmen memberikan pelayanan publik semaksimal mungkin.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mendukung peluncuran aplikasi Prabu Presisi Mangga Manis dan Rumah Restorasi Justice Bhabin di Kota Probolinggo.

"Tentunya aplikasi itu dapat dipergunakan dengan baik dan dirasakan kehadirannya oleh masyarakat. Pemkot Probolinggo berkomitmen dan mendukung penuh program yang telah dilaksanakan oleh Polres Probolinggo Kota," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022