Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, fokus memperbaiki sejumlah titik jalan yang dilaporkan mengalami kerusakan sebagai upaya mendukung aktivitas perekonomian masyarakat.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan perbaikan jalan merupakan sesuatu yang sangat penting. Terlebih lagi di Kediri juga akan ada bandar udara sehingga perbaikan jalan menjadi salah satu program utama.

"Ini prioritas tidak bisa diselesaikan sendiri oleh seorang bupati tapi harus diselesaikan oleh dinas perhubungan, dinas PUPR, TNI/Polri harus bersatu menyelesaikan persoalan ini. Kami akan bentuk satu tim khusus untuk menyelesaikan masalah jalan-jalan yang masih belum layak," katanya di Kediri, Jawa Timur, Jumat.

Mas Bup, sapaan akrab Bupati Kediri, itu menambahkan tim yang akan dibentuk untuk penanganan masalah jalan tersebut akan diisi oleh SKPD terkait termasuk camat. Peran camat juga penting, dengan harapan bisa mendata sekaligus melaporkan kondisi jalan di daerahnya masing-masing.

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto berharap pemerintah daerah memaksimalkan peningkatan jalan strategis baik antarkecamatan, antardesa serta desa dengan ibu kota kecamatan untuk mendukung aktivitas perekonomian masyarakat.

Ia juga berharap pemerintah kabupaten juga intensif koordinasi dengan pemerintah provinsi terkait dengan jalan rusak. Dari aspirasi masyarakat yang diterimanya, banyak jalan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi yang berada di Kabupaten Kediri kondisinya rusak parah. Hal itu bisa berpotensi menjadi pemicu kecelakaan di jalan raya.

"Beban kami di APBD sangat berat, seharusnya jalan-jalan yang menghubungkan Kediri-Blitar dan sebagainya yang masih menjadi kewenangan kabupaten ini harus sudah dilimpahkan menjadi kewenangan provinsi karena ini menghubungkan antar kabupaten," katanya.

Beberapa jalan yang dilaporkan rusak antara lain di wilayah jalur menuju ke Kecamatan Mojo. Jalur wilayah Kabupaten Kediri yang dekat dengan perbatasan antara Kota dan Kabupaten Kediri juga rusak parah, dan hingga kini belum ada perbaikan.

Di jalur antara Kecamatan Gurah ke Pare, juga terdapat sejumlah titik yang jalannya kondisi rusak. Banyak jalan berlubang dengan cukup dalam, sehingga jika tidak berhati-hati, pengendara bisa terjatuh. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022