PT Semen Indonesia yang merupakan holding Semen Indonesia Grup (SIG) bersama 10 BUMN menyerahkan bantuan 1.500 sak semen untuk penanggulangan gempa di Pasaman Barat.

Plt Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar di Simpang Empat, Minggu mengatakan bantuan  1.500 sak semen itu merupakan bentuk kepedulian SIG terhadap bencana yang menimpa Pasaman Barat.

"Ini bantuan lanjutan setelah sebelumnya PT Semen Padang mengirimkan relawan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan asessment dampak gempa," kata dia

Menurutnya dari hasil asessment tersebut, PT Semen Padang langsung mengirim tim medis dari Semen Padang Hospital, obat-obatan, sembako dan juga tambahan relawan dari TRC Semen Padang ke lokasi bencana gempa.

Asri menyampaikan , sehari pascagempa UPZ Baznas Semen Padang juga mengirim tambahan sembako ke lokasi bencana.

"Kami juga berkolaborasi dengan Satgas Bencana BUMN," kata dia.

Bantuan semen SIG tersebut disalurkan melalui PT Semen Padang dan diserahkan di lokasi bencana oleh anggota DPR RI Andre Rosiade kepada Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, disaksikan Plt Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar.

Pada Sabtu (5/3), PT Semen Padang melalui UPZ Baznas Semen Padang juga mengirim bantuan tenda pengungsian dan sembako untuk masyarakat terdampak gempa di Timbo Abu, Nagari Kajai, Talamau, Pasaman Barat.

Namun karena longsor yang menimbun badan jalan menuju Timbo Abu, akhirnya UPZ Semen Padang kembali ke Padang.

"Sayangnya, sekitar 13 kilometer dari Timbo Abu, ada longsor yang menimbun badan jalan. Insya Allah, kalau jalan sudah bisa dilalui, bantuan tersebut akan kembali disalurkan ke Timbo Abu," ujar Asri.

Sementara anggota DPR RI Andre Rosiade mengucapkan terima kasih kepada SIG yang telah menyalurkan bantuan semen.

Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN itu mengapresiasi PT Semen Padang yang merupakan bagian dari SIG.

"Saya bangga dengan gerak cepat yang dilakukan Semen Padang, termasuk BUMN lainnya di Sumbar. Semuanya berkolaborasi dalam menanggulangi dampak gempa di Pasaman Barat," kata dia.

Sebanyak 10 BUMN yang menyalurkan bantuan untuk Pasaman Barat, yaitu PT Semen Indonesia berupa 1.500 sak semen atau senilai Rp100 juta, Bank Mandiri Rp250 juta, BRI Rp250 juta, BNI Rp150 juta, Pertamina Rp150 juta, Telkomsel Rp100 juta, Pelindo Rp100 juta, PTPN Rp100 juta, Pupuk Indonesia Rp100 juta, dan Hutama Karya Rp100 juta.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Andre Rosiade dan juga 10 BUMN yang mengantarkan bantuan ke lokasi gempa.

“Harapan kami, dengan kehadiran Andre Rosiade dan 10 BUMN, bisa mempercepat pemulihan korban gempa Pasaman Barat. Karena masih ada ribuan rumah yang rusak karena gempa," katanya.

Selain ribuan rumah rusak, sebanyak 15 ribu orang mengungsi di beberapa tempat. Di antaranya di halaman kantor bupati dan rumah bupati. Bahkan di halaman kantor bupati, ada sebanyak 2.800 pengungsi.

Ketua Satgas Bencana BUMN Sumbar M Atif Faturrahmah yang juga Kadivre Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar menambahkan bahwa BUMN sudah hadir sejak hari pertama gempa terjadi pekan lalu.

“Kami harap apa yang kami lakukan dan berikan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga proses pemulihan lebih cepat, lebih tanggap,” katanya. (*)

Pewarta: Ikhwan Wahyudi

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022