Pada 20 Februari malam, kembang api yang indah menerangi langit malam Beijing, upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin ke-24 pun diselenggarakan dengan megah. Dalam lautan kegembiraan, juga keengganan untuk berpisah, Olimpiade Musim Dingin Beijing berakhir dengan sukses.

Dalam 16 hari terakhir, Beijing, kota internasional yang kuno sekaligus modern, juga merupakan "Kota Ganda Olimpiade" pertama di dunia, sekali lagi mendedikasikan Olimpiade yang tak terlupakan kepada dunia, sekali lagi menunjukkan kekuatan dan semangat positif rakyat Tiongkok kepada dunia, dan sekali lagi menulis legenda baru dari olahraga Olimpiade.

Olimpiade yang terdiri dari 109 nomor pertandingan dalam 7 cabang olahraga ini melibatkan hampir 3.000 atlet dari 91 negara dan wilayah. Ini adalah acara olahraga komprehensif global pertama yang diselenggarakan sesuai jadwal sejak merebaknya Covid-19.

Ini adalah Olimpiade Musim Dingin dengan nomor pertandingan dan medali emas terbanyak yang menciptakan peluang bagi lebih banyak atlet untuk mewujudkan impian. Keberhasilan penuh Olimpiade Musim Dingin Beijing telah memenuhi komitmen serius Tiongkok kepada komunitas internasional dalam menyediakan panggung bagi atlet dari seluruh dunia untuk melampaui diri mereka sendiri. Keberhasilan ini juga telah menyuntikkan kekuatan dan kepercayaan diri ke dunia yang dilanda pandemi.

Pada malam pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing, Presiden Xi Jinping dengan sungguh-sungguh menyatakan: "Tiongkok akan dengan sepenuh hati mendedikasikan Olimpiade yang sederhana, aman, dan menarik kepada dunia, serta mempraktikkan moto Olimpiade 'Lebih Cepat, Lebih Tinggi, Lebih Kuat – Bersama'."

Keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Beijing telah memenangkan perhatian dan pujian dunia atas keindahan, keluarbiasaan, serta kehebatannya yang meninggalkan jejak mendalam dalam sejarah olahraga Olimpiade! Olimpiade Musim Dingin Beijing akan menjadi tonggak penting dalam perkembangan olahraga es dan salju dunia!

Ini adalah acara menarik yang tak tertandingi. Olimpiade terus mencetak rekor baru, gerakan-gerakan sulit terus ditampilkan, bintang olahraga muda bermunculan, pemain veteran legendaris terus mengukir sejarah, lawan lomba saling peduli dan menyemangati satu sama lain. Momen indah adalah ketika menyaksikan kerja keras para atlet dari seluruh dunia dalam perjuangan melampaui diri mereka sendiri, hal ini dengan jelas menginterpretasikan semangat Olimpiade.

Di lapangan, para atlet Tiongkok berani dan pandai bertarung, mereka berhasil meraih 9 medali emas, 4 medali perak, dan 2 medali perunggu. Dalam hidup tidak banyak kesempatan untuk berjuang mencapai tujuan hidup, namun para atlet menciptakan rekor baru demi mendorong dan memotivasi putra dan putri Tiongkok untuk bekerja keras dan berjuang tanpa henti.

Ini adalah janji luar biasa yang sulit didapat. Menghadapi kesulitan dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pandemi, Tiongkok melakukan segala upaya untuk mengatasi dampak pandemi dengan tetap teguh menjunjung tinggi konsep tuan rumah Olimpiade yang hijau, berbagi, terbuka dan berintegritas.

Dari menonjolkan persyaratan penyelenggaraan pertandingan yaitu "sederhana, aman dan menarik", hingga menerapkan manajemen double closed loop secara ketat, dan kemudian meningkatkan langkah-langkah pencegahan pandemi di lokasi pertandingan. Serangkaian tindakan kuat yang diambil oleh Tiongkok telah meminimalkan risiko penyebaran wabah, secara efektif melindungi kesehatan dan keselamatan rakyatnya serta setiap orang yang berpartisipasi dalam Olimpiade.

Ini adalah demonstrasi yang sangat baik dari mengejar kesempurnaan. Desain Tiongkok, teknologi Tiongkok, bahan Tiongkok, manufaktur Tiongkok, dan konstruksi Tiongkok telah menciptakan satu demi satu "kelas dunia". Perwujudan ciri khas teknologi, kebijaksanaan, kehijauan, dan kehematan dapat terlihat dalam realisasi transformasi dan penggunaan kembali warisan industri Shougang Ski Jumping Platform, dalam penggunaan listrik hijau di semua lokasi pertandingan, dan dalam penggunaan microflame pada obor utama untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade.

Setiap lokasi pertandingan Olimpiade yaitu National Sliding Centre, National Ski Jumping Center, Big Air Shougang, National Speed Skating Oval, National Aquatics center dan Cadillac Arena (Wukesong Sports Centre) telah menjadi panggung berkualitas tinggi bagi para atlet untuk bersaing di level tinggi.

Pusat media utama telah bekerja dengan baik dalam berbagai operasi, layanan dan jaminan untuk memastikan fungsi transmisi dan penyiaran serta berbagai pelaporan berita dapat beroperasi dengan aman. Hal ini merupakan dukungan solid untuk memberitakan Olimpiade Musim Dingin Beijing secara jelas, tiga dimensi, dan komprehensif kepada dunia.

Desa Olimpiade Musim Dingin yang aman, hangat dan nyaman telah benar-benar mewujudkan "memikirkan apa yang atlet pikirkan dan mengurus apa yang atlet butuhkan". Dalam upaya terus memperbaiki demi mengejar kegemilangan, Tiongkok sekuat tenaga bekerja dengan baik dalam mengorganisasi pertandingan, memberikan pelayanan, memegang komando dan kendali dsb. Tiongkok telah menetapkan "Sebuah Tolok Ukur Baru untuk Olimpiade".

Presiden Xi Jinping menekankan, "Sejak zaman kuno, Olahraga Olimpiade telah membawa pengejaran indah umat manusia akan perdamaian, persatuan, dan kemajuan." Saat ini, perubahan abad dan pandemi abad ini bertindihan, dunia memasuki periode baru dari perubahan yang bergejolak, umat manusia pun menghadapi banyak tantangan.

Bagaimana cara mengalahkan pandemi? Bagaimana membangun dunia pascapandemi? Ini adalah masalah utama yang menjadi perhatian bersama orang-orang berbagai negara di seluruh dunia, juga merupakan pertanyaan utama dan mendesak yang harus dijawab oleh Tiongkok.

Keberhasilan penuh Olimpiade Musim Dingin Beijing sekali lagi menunjukkan bahwa seluruh umat manusia hidup di desa global yang sama dan memiliki nasib yang terkait erat. Dalam menghadapi berbagai tantangan global yang mendesak, hanya dengan memperkuat solidaritas dan kerja sama, bersama-sama menaiki "Bahtera Nuh" di era baru, serta bersama memainkan gerakan era perdamaian, persatuan dan kemajuan, baru akan ada hari esok yang lebih baik.

Mari kita ingat niat awal Olahraga Olimpiade dan bersama-sama menjaga perdamaian dunia. Perdamaian adalah cita-cita bersama dan tujuan mulia umat manusia. Olahraga Olimpiade lahir untuk perdamaian dan tumbuh subur di atas perdamaian. Pada bulan Desember tahun lalu, Majelis Umum PBB dengan suara bulat mengadopsi Resolusi Gencatan Senjata Olimpiade, menyerukan perdamaian melalui olahraga yang mewakili aspirasi bersama masyarakat internasional.

Sejarah telah berulang kali membuktikan bahwa konfrontasi tidak hanya tidak berguna, tetapi juga membawa konsekuensi bencana. Pembangunan yang damai dan kerja sama yang saling menguntungkan adalah jalan yang benar di dunia. Dalam perjalanan ke depan, kita harus menjunjung tinggi sikap saling menghormati, perlakuan yang sama tanpa diskriminasi, juga dialog dan konsultasi. Kita harus berusaha untuk menyelesaikan perbedaan, menghilangkan konflik dan bersama-sama membangun dunia dengan perdamaian abadi.

Mari kita lanjutkan semangat Olahraga Olimpiade dan bersatu untuk menghadapi tantangan bersama masyarakat internasional. Dalam menghadapi berbagai kesulitan yang dialami umat manusia, Olahraga Olimpiade telah memainkan peran penting dan unik dalam mendorong dunia untuk bersama mengatasi kesulitan serta bersatu dan bekerja sama. Saat ini, pandemi masih mengamuk, dan isu-isu global seperti perubahan iklim dan terorisme muncul tanpa henti. "memperkuat solidaritas" yang diprakarsai oleh Olahraga Olimpiade adalah yang paling dibutuhkan di era sekarang ini, dan masyarakat internasional harus "memperkuat solidaritas".

Praktik telah sepenuhnya membuktikan bahwa perahu kecil tidak dapat menahan badai, hanya kapal raksasa yang dapat menahan gelombang badai. Negara-negara di seluruh dunia lebih baik berbagi masa depan yang lebih cerah pada sebuah kapal besar yang sama, dibandingkan pada 190 perahu kecil. Hanya ketika semua negara bersatu hati dan bekerja sama untuk masa depan, berbagai risiko dan tantangan barulah dapat ditangani secara efektif.

Dalam perjalanan ke depan, kita harus mempraktikkan multilateralisme sejati, memelihara sistem internasional dengan PBB sebagai intinya, menjaga ketertiban internasional dengan berdasarkan hukum internasional, dan bersama-sama membangun keluarga internasional yang harmonis dan kooperatif.

Mari kita mempraktikkan tujuan Olahraga Olimpiade dan terus mempromosikan kemajuan umat manusia. Tujuan dari Olahraga Olimpiade adalah untuk merealisasi pembangunan manusia secara komprehensif. Saat ini, proses pembangunan global mengalami guncangan yang serius.

Indeks Pembangunan Manusia telah menurun untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Namun tidak peduli angin atau hujan, manusia harus selalu bergerak maju. Tidak peduli kesulitan apa pun yang dihadapinya, Tiongkok menganut ideologi pembangunan yang berpusat pada rakyat. Tiongkok menempatkan promosi pembangunan dan perlindungan mata pencaharian masyarakat pada posisi penting dalam kebijakan makro global, mempromosikan sinergi mekanisme kerja sama pembangunan yang ada menjadi lebih efisien, dan mempromosikan pembangunan global yang seimbang.

Dalam perjalanan ke depan, kita harus mengikuti tren zaman, mematuhi nilai-nilai umum perdamaian, pembangunan, kesetaraan, keadilan, demokrasi dan kebebasan bagi seluruh umat manusia. Kita perlu mempromosikan pertukaran dan saling mempelajari peradaban yang berbeda, serta bersama-sama membangun Komunitas Senasib Umat Manusia.

Presiden Xi Jinping menunjukkan, "Dari 'Satu Dunia, Satu Mimpi' pada tahun 2008 hingga 'Menuju Masa Depan Bersama' pada tahun 2022, Tiongkok telah secara aktif berpartisipasi dalam Olahraga Olimpiade dan secara gigih meneruskan semangat Olimpiade tanpa henti. Tiongkok adalah aktivis dan pengejar teguh cita-cita Olimpiade."

Keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Beijing telah semakin menstimulasi antusiasme masyarakat terhadap Olahraga Olimpiade, mendorong lebih banyak orang untuk peduli, mencintai, dan berpartisipasi dalam olahraga es dan salju serta menunjukkan kepada dunia citra Tiongkok yang cerah, makmur, terbuka, dan penuh harapan.

Keberhasilan ini telah membuka ruang yang lebih luas untuk pengembangan olahraga es dan salju global serta memberikan kontribusi positif bagi pengembangan Olahraga Olimpiade dan penyebaran semangat Olimpiade. Menghadapi masa depan, Tiongkok akan selalu berdiri di sisi yang benar dari sejarah, berdiri di sisi kemajuan umat manusia, dan selalu menjadi pembangun perdamaian dunia, kontributor terhadap pembangunan global, dan pembela tatanan internasional. Tiongkok akan selalu mendorong roda sejarah untuk masa depan yang cerah dan memberikan kontribusi baru yang lebih besar untuk tujuan Olimpiade global.

"Rerumputan dan pepohonan tumbuh, pegunungan musim semi sudah di depan mata." Tiongkok bangga dengan Olimpiade Musim Dingin Beijing dan menantikan penunjukan empat tahun berikutnya. Mari kita berbagi mimpi besar Olimpiade dan menciptakan kejayaan besar Olimpiade, bersama menuju masa depan yang lebih baik bagi umat manusia.(*)

*) Gu Jingqi, Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya

Pewarta: *) Gu Jingqi

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022