Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya turun langsung ke rumah warga lanjut usia (lansia) untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mau mengikuti program vaksinasi, seiring capaian vaksinasi lansia di kabupaten itu masih rendah.

"Kami turun langsung mendatangi warga untuk mengejar target capaian vaksinasi, khususnya para lansia. Kami bersama instansi terkait melakukan vaksinasi secara door to door ke rumah warga yang belum disuntik vaksin," ujar AKBP Andi Sinjaya di Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Ia mengemukakan bahwa dalam kegiatan percepatan vaksinasi khusus lansia dengan cara mendatangi langsung rumah warga itu juga menggandeng petugas puskesmas dan forkopimka (kecamatan) serta desa.

Pihaknya sengaja turun langsung dan melakukan vaksinasi secara door to door dengan sasaran lansia, karena capaian vaksinasi lansia per 16 Februari 2022, baru 56 persen dari target sasaran 86.422 orang.
Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya berhasil memberikan pemahaman manfaat vaksin keapda seorang lansia dan mau untuk disuntik vaksin. (ANTARA/HO-Humas Polres Situbondo)

Kapolres Situbondo tidak canggung dan langsung menyapa warga kemudian memberikan penjelasan tentang manfaat vaksinasi untuk kesehatan serta melindungi masyarakat dari paparan COVID-19. Warga yang awalnya menolak karena penjelasan yang humanis itu kemudian mau divaksinasi setelah dilakukan skrining kesehatan oleh tim tenaga kesehatan.

Katanya, vaksin sangat penting untuk kesehatan masyarakat di tengah pandemi. Iapun berharap semua pihak terkait membantu memberikan penjelasan atau sosialisasi kepada masyarakat bahwa vaksin aman bagi kesehatan, sehingga warga tidak ragu lagi untuk mengikuti vaksinasi.

"Vaksin sangat bermanfaat dan aman untuk kesehatan di tengah pandemi. Oleh karena itu, berikan penjelasan kepada masyarakat dengan humanis, sehingga mereka tidak ragu untuk disuntik vaksin," kata AKBP Andi Sinjaya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022