"Plan the Plants" sukses meraih dua kategori kontes tanaman hias di Indonesia, masing-masing juara I kategori Philodenron Variegata dan Best in Show.

"Untuk tanaman yang meraih juara I jenis Philodendron Billietiae Variegata atau lebih dikenal di Indonesia dengan nama Kabel Busi Variegata," ujar pembudidaya tanaman hias sekaligus perintis Plan the Plants, Andri Satriawan.

Dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Rabu, kontes tanaman hias bergengsi di Tanah Air tersebut di bawah naungan Ery Erlangga selaku Ketua Indonesian Aroid Society yang berlokasi di Godong Ijo, Bojongsari Depok.

Salah satu kontes tanaman hias itu diikuti lebih dari 200 peserta yang terbagi atas empat kategori.

Menurut Andri, butuh perawatan khusus agar tanaman dapat tumbuh baik, di antaranya rutin memberikan pemupukan, pengecekan kadar air, intensitas matahari cukup, sirkulasi udara dan kelembaban areal tanam.

"Semuanya itu memiliki peranan penting dalam perawatan tanaman jenis Philodendron Billietiae Variegata," tuturnya.

Andri menjelaskan untuk tanaman hias koleksi entry level yang banyak dimintai pencinta tanaman hias yaitu jenis Monstera Variegata yang harganya berkisar Rp2,5 juta per daun.

Sementara itu, selain menjual media tanam, Plan the Plants juga menjual tanaman hias dan pot bunga terakota berbahan dasar tanah liat.

Selain itu, ada juga pot plastik yang biasa digunakan para pecinta tanaman hias rumahan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022