DPC PDIP Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menanam 500 batang pohon di lokasi Sumber Pethuk Telogo Agung, di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, kabupaten ini, dalam rangkaian peringatan HUT ke-49 PDIP.

"Kegiatan penanaman 500 bibit pohon ini merupakan agenda kedua untuk gerakan moral peduli lingkungan. Ini diadakan sebagai rangkaian peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan," kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri Murdi Hantoro di Kediri, Minggu.

Selain dalam rangkaian peringatan HUT ke-49 PDIP, kegiatan ini juga sebagai bentuk partisipasi memberikan ucapan selamat HUT ke-75 untuk Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Semoga beliau selalu diberi limpahan rahmat-NYA, sehat, dan kami menyampaikan terima kasih atas arahan serta bimbingan beliau agar pada peringatan HUT tahun ini tak hanya fokus pada bidang politik, tapi juga melestarikan alam sekitar," kata dia. 

Ia mengungkapkan tanam pohon dilakukan agar alam lestari. Dengan lokasi penanaman di sumber mata air, turut serta menjaga lingkungan.  

Menurut dia, sumber mata air patut dirawat dengan baik dan dijaga kelestariannya sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh generasi mendatang. 

"Langkah ini, adalah wujud nguri-uri alam sekitar, menjaga sumber mata air dari tangan-tangan jail, baik menjaga secara fisik maupun secara hukum," ujar dia. 

Pihaknya juga mendorong adanya perlindungan dengan pembuatan Raperda untuk penyelamatan sumber mata air di Kabupaten Kediri. Dengan itu, sebagai upaya menjaga alam.

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto sangat mendukung diwujudkan Raperda Penyelamatan Sumber Mata Air di Kabupaten Kediri.

"Tadi dalam sambutan Pak Murdi, Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri disebutkan di wilayah ini ada 376 sumber mata air yang perlu dijaga kelestariannya. Nah, dengan usulan Raperda Penyelamatan Sumber Mata Air, kami sangat mendukung dan akan mengawal hal itu," kata Dodi.
 
Kegiatan ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya, diselenggarakan acara serupa dengan menanam sekitar 300 bibit di Sumber Toto Tentrem, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Acara penanaman akan tetap dilangsungkan bertahap dengan lokasi berbeda. Ada sekitar 3.000 bibit pohon yang akan ditanam selama penghujan 2022. (*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022