Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam kunjungan ke Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan program kerja dan meminta dukungan khususnya peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan kerja.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Situbondo, Jumat, kunjungan kerja Bupati Situbondo diterima langsung Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah yang didampingi Dirjen Penempatan Tenaga Kerja dan Dirjen Pelatihan dan Produktivitas.

"Alhamdulillah kunjungan kerja kami diterima langsung oleh Ibu Menteri. Kami menyampaikan program kerja khususnya peningkatan infrastruktur dan beban fiskal daerah," kata Bung Karna, sapaan bupati.

Selain itu, bupati juga menyampaikan beberapa hal yang membutuhkan dukungan Kementerian Ketenagakerjaan, seperti peningkatan SDM dengan berbagai pelatihan kerja, program penumbuhan dan pengembangan kewirausahaan, sehingga berdampak terhadap pengurangan pengangguran di Kabupaten Situbondo.

Kata Bupati Karna, peningkatan infrastruktur daerah juga dapat didukung dengan diberikannya akses program padat karya untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat.

"Kami juga ingin UMKM di Situbondo terus berkembang dan maju. Dukungan dari Kemenaker untuk pendirian BLK Komunitas juga penting, sehingga keterampilan dan kemampuan masyarakat dapat menciptakan tenaga kerja mandiri," ujarnya.

Bupati Karna Suswandi menambahkan perlu ikhtiar semua pihak untuk memajukan daerah, termasuk  program-program Kemenaker dapat dilaksanakan di Kabupaten Situbondo.

"Dengan demikian dapat mendukung dan mempercepat terwujudnya masyarakat Situbondo Berjaya (berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya)," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyatakan siap membantu Kabupaten Situbondo, khususnya dalam peningkatan infrastruktur dengan penekanan dari sisi SDM (padat karya).

"Kabupaten Situbondo dapat memanfaatkan BLK milik Kementerian Ketenagakerjaan dengan mengirim peserta pelatihan di bidang kemaritiman, pertanian, dan pariwisata," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022