Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta meninjau pelaksanaan vaksinasi massal berhadiah di Pamekasan, Rabu. Kegiatan inovatif ini digelar untuk meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayah itu.

"Kami mengapresiasi upaya Polres jajaran di Pamekasan ini dalam berupaya mendorong masyarakat agar mau divaksin dengan cara menyediakan hadiah seperti ini," kata Nico.

Vaksinasi massal berhadiah yang digelar di Kantor Bakorwil IV Pamekasan itu untuk kalangan remaja dan dewasa. Usai divaksin, warga mendapatkan kupon undian dan paket sembako.

Kapolda menjelaskan, vaksinasi berhadiah itu merupakan kali pertama di Jawa Timur dan hanya digelar di daerah yang cakupan vaksinasi rendah, seperti Pamekasan, Sampang, Sumenep dan Kabupaten Bangkalan.

"Kalau sebelumnya jumlah warga yang divaksin berdasarkan laporan Kapolres hanya antara 60 hingga 70 orang, sejak ada kupon berhadiah meningkatkan. Minimal 500 orang, dan yang saat ini jumlahnya juga 500 orang," kata Kapolda.

Vaksinasi massal di Pamekasan kali ini melibatkan petugas vaksinator dari dinas kesehatan, TNI, dan Polri.

Menurut Kapolda, Kabupaten Pamekasan termasuk kabupaten dengan cakupan vaksinasi rendah, yakni masih di bawah 50 persen dari total jumlah penduduk di wilayah itu.

"Karena itu, upaya inovatif dengan menyelenggarakan vaksinasi berhadiah seperti ini, untuk meningkatkan cakupan. Kita perlu apresiasi," katanya.

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta selanjutnya mengikuti zoom meeting bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan para Kapolda di seluruh Indonesia.

Kapolda melaporkan, bahwa jumlah vaksin yang dimiliki Polda Jatim yang saat ini 6 juta dosis lebih dan diperkirakan cukup untuk vaksin semua masyarakat di Jawa Timur.

Ia juga melaporkan cukupan vaksinasi di Jawa Timur pada semua kalangan. Untuk lansia, vaksin dosis pertama mencapai 67 persen. Remaja 90 persen, dan anak-anak untuk usia 6-11 tahun mencapai 50 persen.

Sementara itu, jenis hadiah yang disediakan Pemkab Pamekasan untuk peserta vaksinasi itu berupa 3 unit sepeda motor, 5 unit televisi, 5 unit kompor gas, 1 unit lemari es, kipas angin, sepeda angin, dan beberapa hadiah menarik lainnya. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022