Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat, menggelar musyawarah olahraga kabupaten luar biasa (musorkablub) untuk mengisi kekosongan jabatan ketua setelah pejabat sebelumnya meninggal dunia pada 30 November 2021.

Dalam Musorkablub yang digelar secara hybrid, calon ketua tunggal Deny Wahyu Pribadi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua KONI Kabupaten Situbondo periode 2021-2024, melanjutkan kepemimpinan mendiang Sadi. Deny memperoleh dukungan dari mayoritas cabang olahraga dan seluruh koordinator olahraga kecamatan.

"Pertama, izinkan saya untuk mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Bupati, beserta jajaran pemerintahan, keluarga dan terlebih Ibu saya yang memberikan restu. Terima kasih pula kepada masing-masing ketua cabor dan koordinator olahraga kecamatan yang memberikan dukungannya kepada saya," kata Deny dalam sambutannya setelah terpilih secara aklamasi menjadi Ketua KONI Kabupaten Situbondo.
 
Pimpinan Sidang Musorkablub secara virtual di Aula KONI Situbondo, Jumat (14/1/2022). (ANTARA/Novi H)

Ia pun mengenang ketua KONI sebelumnya, mendiang Sadi. Menurut ia, almarhum Sadi merupakan seorang pemimpin yang memiliki kepribadian sabar, bijaksana, berkomitmen, tangguh, gigih, pekerja keras dan mudah bergaul.

Selain itu, Sadi juga memiliki cita-cita yang tinggi untuk meningkatkan kualitas olahraga di Situbondo dengan meningkatkan SDM, baik pelatih dan atlet, serta pembangunan sarana prasarana olahraga dan pembinaan secara berkelanjutan.

"Sekitar dua bulan yang lalu kita semua merasa kehilangan sosok almarhum Bapak Sadi. Saya masih ingat betul kata-kata dari almarhum 'pokok Situbondo harus punya stadion yang standar'. Itu salah satu mimpi beliau. Semoga mimpi beliau akan segera terkabul," tuturnya.

Menurut Deny, Kabupaten Situbondo yang ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Porprov Jatim VII 2022 akan segera bekerja dan mempersiapkan diri dengan matang. Mulai dari persiapan atlet yang akan berlaga maupun venue yang akan diselenggarakan di Situbondo.

"Ini momentum yang tepat untuk mempromosikan Kabupaten Situbondo, kepada tamu domestik dari berbagai kab/ kota se-Jatim yang akan bertanding dan berlomba. Dengan adanya tamu domestik yang singgah, diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat Situbondo," ujar guru olahraga itu.
 
Ketua Umum KONI Situbondo Deny Wahyu Pribadi saat mengikuti Musorkablub secara virtual, Jumat (14/1/2022). (ANTARA/Novi H)

Sementara itu, pimpinan sidang Musorkablub Dimyathi mengemukakan dari 32 pengurus cabang olahraga yang menjadi anggota KONI Situbondo, Deny Wahyu Pribadi memperoleh dukungan dari 20 cabang olahraga dan dukungan dari seluruh koordinator olahraga tingkat kecamatan (17 kecamatan).

Sebelum pelaksanaan musorkablub, panitia menggelar pramusorkablub secara virtual dengan seluruh perwakilan cabang olahraga dan koordinator olahraga kecamatan.

"Pada hari pelaksanaan musorkablub muncullah nama Deny yang merupakan usulan dari mayoritas cabang olahraga, melalui surat dukungan tertulis." kata Dimyathi.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Kabupaten Situbondo Totok Eko Bahari mengatakan pihaknya akan segera membuat berita acara musorkablub untuk dikirim ke KONI Jatim untuk penerbitan surat keputusan (SK) ketua terpilih.

"Berita acara sedang kami persiapkan. Hari ini langsung kami kirim ke KONI Jatim," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022