Tiga gol Samsul Arif membawa Persebaya Surabaya mengalahkan Persikabo Bogor 3-2 dalam pertandingan Liga 1 pekan ke-18 di Stadion I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Senin.

Hattrick itu tercipta pada menit ke-19, 37 dan 46, sedangkan dua gol balasan Persikabo dicetak oleh Ciro Alvers pada menit ke-45 dan Aleksandar Rakic pada menit ke-53.

Kemenangan ini membuat Persebaya mengamankan peringkat keempat klasemen Liga 1 dengan 36 poin dari 18 pertandingan, sedangkan Persikabo masih menempati posisi ke-13 dengan 19 poin.

Persebaya mengambil inisiatif menyerang ketika pada menit ke-10 Samsul Arif membuat peluang yang digagalkan kiper Persikabo Diky Indriyana. Persikabo balik menekan untuk membuat dua peluang melalui Dimas Drajad dan Sergei Pushniakov.

Baca juga: Liga 1: Persebaya resmi perkenalkan Arsenio Valpoort

Persebaya kemudian unggul berkat tendangan Samsul setelah menerima umpan silang dari Marselino Ferdinan sehingga skor berubah 1-0 pada menit ke-19.

Baca juga: Liga 1: Persebaya bekuk Bali United 3-1

Samsul kembali mencatatkan namanya dalam papan skor setelah meneruskan bola muntah dari tendangan Bruno Moreira untuk dia lesakkan ke gawang Persikbo pada menit ke-37 guna mengubah skor 2-0.

Persikabo memperkecil 1-2 ketika aksi individual Ciro Alves diakhiri dengan menaklukkan kiper Persebaya Andhika Ramadhani pada menit ke-45.

Pada babak kedua, Persebaya menciptakan gol cepat pada menit ke-46 ketika bek Persikabo Veniamin Shumeiko melakukan salah umpan yang langsung disambar oleh Samsul yang diubahnya menjadi gol sehingga kedudukan menjadi 3-1.

Persikabo bereksi cepat dan kali ini melalui gol penyerang Aleksandar Rakic setelah menerima umpan dari Sergei Pushniakov pada menit ke-53. Kedudukan berubah lagi 2-3.

Setelah gol kedua mereka, Persikabo terus menekan Persebaya melalui Ciro dan Aleksandar namun kiper Andhika Ramadhani tampil baik menjaga gawangnya tidak lagi kebobolan.

Meski terus menekan hingga detik-detik terakhir dan waktu tambahan babak kedua, Persikabo tidak mampu menyamakan kedudukan sehingga Persebaya menjadi pemenang laga ini.

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022