Palang Merah Indonesia (PMI) Jember, Jawa Timur melakukan fogging atau pengasapan di dua perumahan setelah tiga anak di daerah itu terserang demam berdarah dengue (DBD).

Petugas PMI Jember melakukan pengasapan hampir 100 rumah di dua perumahan, yakni Perumahan Green Garden Kelurahan Tegalgede dan Perumahan Puri Nirwana Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Rabu.

"Kami melakukan pengasapan sebagai bentuk pengendalian penyebaran penyakit yang ada di masyarakat dan hari ini ada dua perumahan dengan total 100 rumah warga yang di-'fogging' (dilakukan pengasapan)," kata Kepala Unit Markas PMI Jember Rupianto di Perumahan Green Garden Jember.

Ia mengatakan masyarakat mengajukan permohonan kepada PMI Jember untuk melakukan pengasapan karena ada warga setempat yang terserang DBD.

"Ada tiga anak yang dilaporkan menderita DBD di dua perumahan tersebut dan mereka sudah menjalani perawatan medis, sehingga petugas melakukan pengasapan dalam radius 100 meter dari rumah warga yang terserang DBD," tuturnya.

Ia menjelaskan pengasapan dilakukan untuk memberantas penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang selalu bersarang di tempat kotor serta genangan air.

Selain melakukan pengasapan, lanjut dia, relawan PMI juga mengimbau warga untuk melaksanakan 3M (menguras, menutup, dan mengubur), sehingga lingkungan tetap bersih, khususnya di sepanjang selokan, karena musim hujan saat ini banyak terdapat genangan air yang memicu perkembanganbiakan nyamuk.

"Kami juga melakukan sosialisasi pada warga untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah masing-masing sebagai bentuk pencegahan penularan penyakit DBD yang kini perlu diwaspadai selain juga penyebaran COVID-19," katanya.

Ketua RT Perumahan Cluster Pondok Indah Jember Anang Fajri mengatakan ada dua anak di perumahannya yang sakit DBD dan sudah pulang setelah menjalani perawatan medis di rumah sakit.

"Mudah mudahan dengan fogging yang dilakukan PMI Jember tidak ada lagi yang terserang DBD karena di kawasan perumahan kami banyak rumah kosong," ujarnya.

Data Dinas Kesehatan Jember, jumlah kasus DBD pada Januari tercatat empat kasus. Jumlah itu menurun dibandingkan pada minggu pertama 2021 sebanyak enam kasus.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022