Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Serbaguna Pondok Pesantren Daarul Huffazh 5, Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Rabu.

Di sela masa resesnya di Jawa Timur, Rabu, ia berharap pembangunan gedung tersebut membuat pondok pesantren semakin lengkap sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Semoga dengan adanya pesantren di tengah-tengah kampung ini bisa memberi manfaat luas. Terutama dalam pendidikan generasi muda," ujarnya.

Senator asal daerah pemilihan Jawa Timur itu mengatakan, DPD RI sangat mendukung berbagai pembangunan utamanya sarana pendidikan dan membuka diri menerima aspirasi dari pesantren.

"DPD bisa merekomendasikan aspirasi dari pesantren, yang nanti diteruskan ke Kementerian terkait. Wewenang DPD RI memang sebatas itu, menerima aspirasi, menyampaikan dan kemudian melakukan pengawasan," ucap dia.

Dalam kesempatan itu LaNyalla disambut langsung oleh pengasuh Ponpes Daarul Huffazh, KH Muhammad Syahrul Mukarom, aparat kecamatan, desa dan para santri putra dan putri.

Sementara itu, KH Muhammad Syahrul menjelaskan bahwa Ponpes Daarul Huffazh mempunyai lima cabang alias berada di lima tempat, yakni empat di Surabaya dan satu di Pasuruan

"Pesantren kami fokus membaca, menghapal, mengamalkan, mentaddaburi Al-Quran. Kami minta doanya semoga pondok pesantren bisa menghasilkan para santri yang unggul dan bisa berperan dalam melanjutkan pembangunan bangsa," tutur dia.

Pada kesempatan tersebut, Habib Umar bin Muhsin Alattas mendukung langkah Ketua DPD RI sepanjang hal itu bermanfaat bagi rakyat dan mendoakan semoga hajat LaNyalla tercapai.

"Terpenting lagi supaya selalu istiqomah bersama rakyat. Dan jangan ragu jika berjalan di arah yang benar," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021