Komisi Informasi Jawa Timur memberikan penghargaan pada Pemerintah Kabupaten Situbondo sebagai kabupaten penyedia layanan informasi publik terbaik se-Jatim karena dalam memberikan pelayanan sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Jadi, kedatangan kami ke Situbondo untuk menyerahkan penghargaan penyedia layanan publik terbaik, sedangkan untuk Banyuwangi kategori layanan publik menuju informatik," ujar Edi Purwanto, Komisi Informasi Jatim Bidang Informasi dan Edukasi usai menyerahkan penghargaan di Ruang Intelligence Room Pemkab Situbondo, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan tahunan Komisi Informasi Jatim melaksanakan pemantauan dan evaluasi untuk menilai badan publik mengenai kinerja informasi yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), khsusunya di kabupaten/kota maupun lembaga lainnya di Jawa Timur.

Katanya, ada empat indikator Kabupaten Situbondo memperoleh penghargaan kategori layanan informasi publik terbaik se-Jatim, pertama mengumumkan, melayani, dokumentasi dan indikator terkait dengan penyediaan informasi.

"Situbondo memperoleh penghargaan ini, karena memang sudah memenuhi standar operasional prosedur dalam memberikan layanan informasi kepada publik. Misalnya menyediakan form permohonannya, mencatat ke buku register dan termausk permohonan keberatan dan lainnya," ujarnya.

Edi menambahkan, ke depan Kabupaten Situbondo diharapkan terus meningkatkan layanan informasi publik. Karena, Komisi Informasi Jatim melakukan kegiatan penilaian ini tiap tahun.

"Tiap tahun kami melakukan pemantauan dan penilaian, karena kami menilai apa yang tampak. Tahun berikutnya nanti akan dilihat apakah ada kemajuan atau tidak. Atau kemudian mendapatkan kategori lain," paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Syaifullah mengaku bersyukur atas raihan penghargaan layanan informasi publik terbaik se-Jatim dari Komisi Informasi Jawa Timur.

"Tentu dengan memperoleh penghargaan ini, kami akan terus terus meningkatkan layanan informasi kepada masyarakat," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021