Legislator Kota Surabaya menilai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang digelar di warung-warung kopi cukup efektif dalam rangka menyukseskan pemenuhan target vaksinasi nasional.

"Kami mengapresiasi vaksinasi dengan cara kreatif yang digelar warung-warung kopi di Surabaya," kata anggota Komisi D Bidang Kesra DPRD Kota Surabaya Cahyo Siswo Utomo saat memantau vaksinasi di warung kopi di Kelurahan Pradah Kali, Surabaya, Jumat.

Cahyo mengamati vaksinasi di warung kopi berjalan lancar dengan prokes yang ketat meskipun dilakukan di tempat yang identik dengan kerumunan tersebut. Biasanya, lanjut dia, warkop identik dengan tempat keramaian dan sering menjadi sasaran razia penerapan prokes.

"Tetapi hari ini terlihat berbeda karena pelaksanaan vaksinasi disini sudah sesuai dengan prokes, mulai dari mencuci tangan sebelum masuk ke lokasi kemudian menjaga jarak dalam menunggu antrean dan selalu menggunakan masker," katanya.

Ketua Fraksi PKS ini berharap penyelenggaraan vaksinasi dengan model tersebut atau cara-cara kreatif lainnya bisa merata di Surabaya sehingga pemenuhan target vaksinasi nasional bisa tercapai.

"Saya berharap ini bisa dilakukan menyeluruh di Surabaya, sehingga target nasional vaksinasi di Surabaya bisa terpenuhi. Diperlukan terobosan-terobosan unik yang lain guna menarik minat masyarakat untuk vaksin," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Prada Kali Kendal Hajar Sulistyono menyampaikan terima kasih atas kunjungan serta atensi yang diberikan oleh Anggota DPRD Surabaya Cahyo Siswo Utomo atas kegiatan vaksinasi yang dilakukan di wilayahnya

Menurut dia, vaksinasi di Kelurahan Pradah Kali Kendal tidak hanya dilakukan di balai RW ataupun puskesmas, tetapi langsung turun ke rumah-rumah warga, warung-warung kopi maupun di trotoar pinggir jalan.

"Kami berusaha agar warga merasa nyaman dan tidak takut untuk di vaksin," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021