Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah menyematkan brevet para dasar kepada 25 taruna AAL Tingkat lV Korps Marinir Angkatan ke-67 Tahun 2021 pada Wing Day dan penutupan latihan praktik terjun statik para dasar di shelter Skuadron 400 Wing Udara 2, Puspenerbal Juanda, Sidoarjo, Jumat.

Dalam pelaksanaan latihan prakttk di Wing Day kali ini, sebanyak 25 taruna AAL dengan didampingi para pelatih andal dari Kolatmar dan Taifib berlatih menggunakan pesawat Cassa TNI AL Aviocar U-6216 yang take off dua sortie dari ketinggian 1.500 kaki. 

Gubernur AAL dalam amanatnya mengatakan bahwa pendidikan para dasar bagi taruna tingkat IV Korps Marinir ini bertujuan memberikan kemampuan dan ketrampilan terjun, baik terjun pada waktu siang maupun malam hari, sebagai bekal untuk penugasan mereka di kesatuan nanti.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan nilai penghayatan dan sikap sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Laut yang mempunyai disiplin tinggi dan profesional dengan dilandasi nilai juang Pancasila, Sapta Marga serta Sumpah Prajurit.

Menurut dia, taruna tingkat IV Korps Marinir harus memiliki kemampuan yang andal sesuai tuntutan tugas yang akan diemban dalam setiap pertempuran, yaitu merebut dan menguasai tumpuan pantai pendaratan lawan melalui jalur laut dan udara.

"Dengan berakhirnya latihan para dasar ini, saya ucapkan selamat atas keberhasilan kalian menyelesaikan program latihan dengan aman, tertib dan lancar, dan kalian sah menggunakan brevet para dasar," katanya.

Kepada taruna Marinir, Gubernur AAL menambahkan masih ada latihan-latihan berikutnya yang akan dilaksanakan. Untuk itu, para taruna diminta tetap menjaga dan memelihara semangat, dengan terus membina kondisi fisik agar dapat mengikuti semua rangkaian pendidikan.

Gubernur AAL mengucapkan terima kasih kepada Komandan Puspenerbal, Komandan Pasmar 2, Komandan Kolatmar, Komandan Lanudal Juanda, pimpinan latihan beserta staf, instruktur serta unsur-unsur lain yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga latihan dapat berjalan dengan aman dan sukses. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021