Manajemen Siloam Hospitals Jember menyampaikan tentang hal-hal yang harus diperhatikan masyarakat agar terhindar dari penyakit Diabetes Melitus (DM).

"Kita harus memiliki informasi kesehatan melalui edukasi dan deteksi dini, seperti mengatur pola makan, berolahraga secara benar dan teratur, serta mengonsumsi obat dan memantau gula darah secara mandiri," ujar perwakilan manajemen RS Siloam Jember dr. Sherrvy Eva Wijayaningrum, Sp.PD., dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, tubuh manusia dapat gagal membakar gula darah apabila kurang istirahat atau asupan gula terlampau tinggi serta respons insulin terganggu.

Menurut Dokter spesialis penyakit dalam tersebut, selain penyakit diabetes ada penyakit metabolik (kelainan pada proses metabolisme tubuh) lain, semisal penyakit pada organ jantung, obesitas atau kegemukan dan hipertensi (darah tinggi).

Ia menyarankan untuk selalu melakukan tes kesehatan per enam bulan sekali ke rumah sakit.

"Bagi pasien diabetes yang berada di rumah, agar senantiasa mengatur pola makan, yaitu kurangi makanan manis, perbanyak konsumsi sayur dan buah, perbanyak minum, aktif bergerak, dan tidur cukup," ucap dia. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021