Universitas Negeri Surabaya menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2021 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Pupresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, 16-19 November 2021.

"Ini merupakan tugas yang diberikan Kemendikbud Ristek kepada Unesa. Bahkan jauh-jauh hari, kami sudah mengerahkan tim untuk mensukseskan acara tersebut," kata Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., usai pembukaan KMHE 2021 di Surabaya, Selasa.

Menurutnya, KMHE sangatlah penting dalam merangsang imajinasi, menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa teknik seluruh Indonesia.

"Masa depan negara, termasuk soal kebutuhan energi ada di tangan anak-anak muda kita saat ini," katanya.

Selain itu, kompetisi tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill para mahasiswa dalam menjawab persoalan energi nasional dan bahkan dunia saat ini.

Dia berharap, semoga kompetisi tersebut berjalan lancar, para peserta bisa mengikutinya tanpa hambatan hingga acara selesai.

Rektor juga mengimbau kepada seluruh peserta agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama lomba berlangsung.

"Harapannya kompetisi ini jadi momentum agar hasil produknya bisa diakui oleh bangsa kita sendiri, karena ini adalah ciptaan anak bangsa dari seluruh perguruan tinggi yang hebat di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Kooordinator Pokja Dikti Rizal Alfian mengatakan pada kompetisi ini temuan mobil hemat energi ini diharapkan bisa diaplikasikan dalam teknologi otomotif.

"Harapan ke depan akan ada data base talenta dan akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa agar bisa melanjutkan ke S2 dan menjamin masa depan mereka," kata Rizal.

Total ada 24 tim yang lolos ke tahap final dan akan beraksi di Sirkuit GBT besok dari tanggal 16 hingga 19 November 2021.

Para peserta KMHE 2021, sebelumnya telah melewati berbagai tahapan, mulai dari penilaian laporan desain kendaraan, seleksi laporan desain kendaraan, hingga seleksi virtual technical inspection pada 20 September hingga 1 Oktober 2021.(*) 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021