Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth, Australia, menggelar bazar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. 

"Kegiatan ini terselenggara melalui kolaborasi dengan Dharma Wanita Persatuan KJRI Perth,” kata Konsul KJRI Perth Listiana Operananta, melalui keterangan tertulis, usai membuka bazaar "Hari Pahlawan", Minggu malam.

Dia menjelaskan tujuan utama dari penyelenggaraan Bazar Hari Pahlawan adalah untuk menghimpun uluran sumbangan kemanusiaan yang nantinya akan disalurkan kepada fasilitas-fasilitas kesehatan di berbagai instansi baik pemerintah daerah maupun TNI/POLRI di berbagai pelosok Tanah Air.

"Kebersamaan, persaudaraan, dan kegembiraan hari ini tidaklah mungkin kita nikmati jika bukan karena pengorbanan para Pahlawan kita," ujarnya.

Intinya, lanjut Konsul Jenderal Listiana, setiap elemen bangsa Indonesia perlu meneladani semangat kebangsaan dan kepahlawanan yang telah diwariskan oleh para Kusuma Bangsa.

Ketua Dharma Wanita Persatuan KJRI Perth Novita Avalist menandaskan bazaar untuk Kemanusiaan ini merupakan bentuk upaya bersama dalam rangka meneladani semangat rela berkorban untuk Ibu Pertiwi yang telah dipelopori oleh para pahlawan bangsa. 

"Sekaligus sebagai obat rindu dan promosi Indonesia di tanah rantau," ucapnya.

Kegiatan bazar tersebut melibatkan beragam lapak yang menyajikan kuliner Nusantara, diselingi aneka perlombaan, antara lain kontes nasi goreng, pembacaan puisi bertema "Pahlawanku", yang ditujukan untuk membangkitkan semangat patriotisme dan kecintaan pada Tanah Air. 

Novita mengungkapan, dalam kegiatan ini, masyarakat Indonesia dan Australia Barat berbaur bersuka cita seraya menikmati berbagai hidangan khas Indonesia dengan berbagai penampilan tarian, peragaan busana daerah dan panggung gembira.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021