Pemerintah Kabupaten Sidoarjo membantu pengobatan Rasya Rizki Aisya, seorang anak penderita penyakit hidrosefalus, di Desa Tenggulunan Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Wakil Bupati Sidoarjo Subandi pada Rabu menyempatkan diri menjenguk Rasya hanya bisa berbaring di tempat tidur dan hanya ditemani neneknya.

Sejak ditinggal suaminya pergi tanpa pamit, Rizki Nada Nadia selaku Ibu dari Rasya kini menjadi tulang punggung keluarganya dengan menjadi buruh pabrik makanan ringan di daerah Pasuruan.

"Hari ini saya diperintah dari Gus Bupati melihat kondisi warga kurang mampu yang menderita sakit hidrosefalus," katanya.

Wabup Subandi di dampingi Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sidoarjo memberikan bantuan berupa uang dan bantuan paket sembako.

Pihak keluarganya juga ditawari agar Rasya dirawat di Rumah Sakit Pemerintah (RSUD Sidoarjo) untuk mendapatkan penanganan.

"Ini harus ada perhatian lebih dari pemerintah terutama pemkab Sidoarjo terkait masalah berobat," kata Subandi.

Pemkab Sidoarjo akan mengupayakan semaksimal mungkin dengan memfasilitasi dan menanggung biaya pengobatan Rasya.

"Kami dari pemerintah, Bupati dan Wakil Bupati akan mengupayakan semampu kita dalam memberikan jaminan kesehatan terhadap warga Sidoarjo. Insya Allah pada hari ini akan dikirim ke rumah sakit dan semua biaya akan ditanggung oleh pemerintah," kata dia

Sementara Sukartini, nenek Rasya, menceritakan selama ini untuk akses kesehatan sudah dilindungi pemerintah melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS-BPJS).

"Dengan adanya bantuan dari Pemkab Sidoarjo yang akan memfasilitasi pengobatan dan menanggung semua biaya pihaknya bersyukur, beban keluarga lebih ringan," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021