Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy tertarik untuk mengembangkan porang varietas Madiun-1 yang telah menjadi komoditas unggulan ekspor untuk dibudidayakan di wilayahnya guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kami datang ke Kabupaten Madiun untuk belajar bagaimana cara membudidayakan porang. Seperti kita ketahui bahwa Kabupaten Madiun memiliki komoditas porang, bahkan sudah tersertifikasi, yakni porang Madiun-1," ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy saat melakukan kunjungan kerja di Madiun, Jawa Timur, Senin.

Menurut ia, banyak masyarakat Sumbar yang ingin mengembangkan porang karena nilai ekonomisnya yang sangat tinggi.

"Untuk itu, kami perlu belajar dari daerah yang sudah maju pertanian porangnya. Dan ternyata komoditas porang di Kabupaten Madiun cukup besar. Makanya ini kami kunker ke sini (Kabupaten Madiun)," katanya.

Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto yang menerima kunjungan rombongan Wagub Sumbar mengatakan secara geografis, sebagian besar lahan di Kabupaten Madiun ditanami padi. Dulu banyak petani yang menanam tebu, namun belakangan petani kurang antusias karena tebu panennya terlalu lama.

"Makanya, Kabupaten Madiun merupakan salah satu lumbung padi nasional karena petani padi bisa panen tiga kali dalam satu tahun," katanya.

Selain padi, komoditas primadona Kabupaten Madiun adalah porang. Saat ini luas lahan penanaman porang di Kabupaten Madiun terus bertambah dan sudah mencapai 6.500 hektare.

"Selain itu, sudah ada pabrik pengolahan porang sehingga petani tidak bingung lagi untuk pemasarannya," katanya.

Sentra budi daya porang kini juga telah dikembangkan di 10 kecamatan dari sebelumnya yang hanya beberapa kecamatan. Yakni, Kecamatan Saradan, Kare, Dolopo, Dagangan, Mejayan, Gemarang, Wungu, Wonoasri, Pilangkenceng, dan Madiun.

Selain itu, mengingat potensi ekonomisnya yang tinggi, Pemkab Madiun juga telah menjadikan porang sebagai komoditas unggulan daerah setempat dengan intervensi mematenkan varietas porang asli Kabupaten Madiun yang unggul dan diberi nama Porang Madiun-1.

Sementara, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Madiun, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy bersama rombongannya juga mengunjungi pabrik pengolahan porang PT Asia Prima Konjac di Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun yang mengolah porang secara modern dengan menggunakan teknologi tinggi.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021