Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memasifkan pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi di sejumlah area publik sebagai upaya perlindungan kesehatan terhadap warga serta mencegah penyebaran COVID-19.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan penggunaan QR Code ini juga dipasang di area sekolah, sebagai pengamanan dalam kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) dan pemulihan ekonomi di Kota Kediri. Pemasangan itu selain di berbagai tempat publik mulai dari hotel, pusat perbelanjaan, tempat wisata, hingga kantor instansi pemerintah.

"Kegiatan PTMT dan pemulihan ekonomi di Kota Kediri memang sedang berjalan, namun Pemkot Kediri tetap melakukan tindakan preventif dengan memasang QR code PeduliLindungi. Saya harap masyarakat Kota Kediri juga patuh dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi," kata Wali Kota di Kediri, Minggu.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri Herwin Zakiyah menambahkan, beberapa kegiatan di Kota Kediri pun mulai dilengkapi dengan QR Code PeduliLindungi.

"Saat ini beberapa kegiatan di Kota Kediri sudah dilengkapi dengan QR Code PeduliLindungi. Seperti contoh kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Kediri maupun komunitas kesenian, salah satunya pentas pecut beberapa waktu lalu," kata Herwin.

Herwin menambahkan, Pemkot Kediri melakukan koordinasi terkait pendaftaran penerbitan QR Code PeduliLindungi ke Pusat Data dan Teknologi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan.

Para pelaku usaha Kota Kedidi yang kesulitan mendaftarkan QR Code PeduliLindungi, Pemkot Kediri juga memfasilitasi untuk membantu pengurusannya, sehingga semakin banyak tempat-tempat strategis yang dilengkapi QR Code PeduliLindungi.

Selain itu, beberapa sekolah di Kota Kediri juga telah menggunakan QR Code PeduliLindungi, sehingga seluruh warga sekolah dan tamu wajib scan QR code sebelum memasuki kawasan sekolah.

Sementara itu, Satpol PP Kota Kediri juga telah melakukan sosialisasi dan penegakan peraturan secara humanis pada pusat perbelanjaan untuk memasang QR Code PeduliLindungi. Diharapkan nantinya seluruh tempat yang berpotensi kerumunan tertib memasang QR code aplikasi PeduliLindungi.

Di Kota Kediri, hingga Sabtu (30/10) terdapat 4.026 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, empat orang masih dirawat, 3.637 orang telah sembuh, 385 orang telah meninggal dunia.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021