Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto menyatakan serbuan vaksinasi maritim bisa mewujudkan pemulihan ekonomi di wilayah aglomerasi Surabaya Raya.

"Koarmada II melakukan vaksinasi untuk kesatuan (aglomerasi) agar percepatan penanganan COVID-19 segera dapat dilaksanakan secara tuntas. Efek dari pelaksanaan (vaksinasi) ini adalah agar peningkatan atau pemulihan ekonomi nasional dapat segera terwujud," kata Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto saat memantau pelaksanaan vaksinasi maritim di Lapangan THOR, Surabaya, Kamis.

Vaksinasi marirtim berlangsung secara serentak di empat kabupaten/kota di Jawa Timur yang masuk aglomerasi Surabaya Raya meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Bangkalan. 

Sementara di Kota Surabaya sendiri, serbuan vaksinasi maritim digelar pada 30 September dan 1 Oktober 2021 di Lapangan THOR, Jalan Padmosusastro No. 74A Surabaya. Setiap harinya, Komando Armada (Koarmada) II bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan 30.000 dosis vaksin Sinovac.
 
Vaksinasi maritim di Lapangan THOR dihadiri Pangkoarmada II, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali beserta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik serta Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Jatim.
 
"Sasarannya adalah semua masyarakat yang berusia di atas 12 tahun, semuanya kita sasar," kata Laksda Iwan.

Pangkoarmada II juga menjelaskan, bahwa serbuan vaksinasi massal di wilayah aglomerasi tersebut, sebagaimana perintah Presiden RI yang ditindaklanjuti Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), dengan memerintahkan Koarmada II dan seluruh jajarannya. Sedangkan untuk teknisnya, dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah setempat dan instansi lainnya.
 
"Dengan adanya vaksinasi ini, melengkapi vaksinasi pertama atau juga vaksin kedua, kita berharap mampu melindungi diri kita sendiri dari serangan COVID-19. Dengan adanya kekebalan di dalam tubuh untuk melawan COVID-19, Insya Allah maka serbuan gelombang ketiga tidak akan menabrak kita," katanya.
 
Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi juga mengucapkan terima kasih kepada Kasal serta Pangkoarmada II dan jajarannya. Ia yakin, melalui serbuan vaksinasi maritim ini, roda perekonomian di wilayah aglomerasi bisa segera berjalan efektif.
 
"Matur nuwun (terima kasih) yang sangat kepada Bapak Kasal dan Pangkoarmada II. Karena hari ini melakukan pemulihan ekonomi dengan dilakukan vaksinasi di wilayah aglomerasi, Gresik, Bangkalan Sidoarjo dan Surabaya. Terima kasih bapak, karena dengan vaksinasi ini maka kemungkinan ekonomi di tempat kami (Surabaya) bisa berjalan efektif," kata Eri. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021