PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIT JBM) memberikan bantuan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN Peduli sebesar Rp131.500.000 kepada Desa Gerbo sebagai salah satu desa penyangga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berada di ketinggian 700 - 800 mdpl.

Manager Aset Properti Komunikasi & Umum PLN UIT JBM, Tonas Hadiwidjaya di Surabaya, Senin mengatakan bantuan ini untuk mendukung pengembangan potensi alam yang dimiliki Desa Gerbo, Kecamatan Puwodadi, Kabupaten Pasuruan.

"Bantuan yang diberikan pada tahun kedua ini merupakan pengembangan wisata edukasi dan konservasi Lembah Gunung Tumpeng yang terletak pada jalur jaringan transmisi SUTT 150 kV," katanya.

Tonas mengatakan penyaluran bantuan tersebut juga merupakan komitmen PLN terhadap kelangsungan kehidupan masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja PLN.

“Program tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN Peduli ini kami salurkan untuk mendukung potensi yang dimiliki oleh desa atau wilayah yang berada lingkungan pekerjaan PLN," kata Tonas.

Ia berharap dengan bantuan yang diberikan dapat membawa manfaat bersama untuk masyarakat, dan dapat dikembangkan secara berkelanjutan.

Kepala Desa Gerbo, Sutrisno mengapresiasi kepedulian yang diberikan PLN terhadap Desa Gerbo.

"Kami sampaikan terima kasih kepada PLN untuk penyaluran bantuan yang diberikan dalam upaya pengembangan Desa Wisata Edukasi dan Konservasi Lembah Gunung Tumpeng ini, sehingga membuat Desa Gerbo mendapat perhatian dari kementerian pariwisata ekonomi kreatif menjadi nominasi Desa Wisata Nasional”, ujarnya.

Sutrisno mengatakan, melalui pengembangan Desa Wisata Edukasi Lembah Gunung Tumpeng diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Desa Gerbo.

“Hadirnya destinasi wisata edukasi kami harap dapat menarik banyak pengunjung dari luar daerah. Selain itu, juga dapat menciptakan kesempatan pekerjaan baru untuk masyarakat sekitar," kata Sutrisno.

Nantinya, wisata edukasi dan konservasi Lembah Gunung Tumpeng ini menawarkan paket wisata dengan pemandangan alam pegunungan dan sajian aktivitas bernuansa pedesaan.

Pengunjung juga dapat secara langsung melihat dan ikut terlibat dalam proses bertani, traking dan bersepeda di jalur terasering sawah yang ada di sekitar lokasi, dan menikmati hidangan makanan tradisional khas Kabupaten Pasuruan.

Bantuan disalurkan MSB Asset Properti, Komunikasi & Umum PLN UIT JBM, Tonas Hadiwidjaya, kepada pemrakarsa program pengelolaan Desa Wisata Edukasi Gerbo, Pemuda Langganan Keramaian (Planker), dan disaksikan langsung oleh Kepala Desa Gerbo, Sutrisno.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021