Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi inovasi PT KAI yang kini mampu mempercepat waktu tempuh kereta api (KA) Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya-Jakarta, dari sebelumnya 8 jam 30 menit, menjadi 8 jam 10 menit, atau lebih cepat 20 menit.

"Terima kasih dan Selamat HUT-76 PT KAI, dan bagaimana melayani lebih baik serta melayani lebih cepat kini sudah bisa dirasakan, dan semua sudah melihat instrumen yang luar biasa untuk percepatan kali ini," kata Khofifah, saat memberangkatkan KA Argo Bromo Anggrek di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jumat.

Khofifah mengatakan, percepatan ini diharapkan mendorong ekonomi Jatim yang saat ini levelnya sudah membaik, dan masuk dalam kategori resiko rendah atau zona kuning penyebaran COVID-19.

Baca Juga : KA Argo Bromo Anggrek percepat waktu tempuh Surabaya - Jakarta

"Suasana yang sudah baik ini mari dijaga bersama dengan memberikan dukungan serta memaksimalkan transportasi publik, terutama di sektor perkeretaapian," kata Khofifah.

Kepala PT KAI Daop 8 Surabaya, Heri Siswanto mengatakan, percepatan waktu tempuh KA Argo Bromo Anggrek tujuan Surabaya-Jakarta adalah bagian dari inovasi PT KAI menyambut HUT ke-76 KAI yang jatuh pada 28 September 2021.

Ia menjelaskan, selain KA Argo Bromo Anggrek, juga dilakukan percepatan secara nasional untuk KA Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng pp), Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp), Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan pp), dan Taksaka (Gambir - Yogyakarta pp).

Percepatan perjalanan ini bertujuan untuk memenuhi harapan pelanggan yang memerlukan waktu perjalanan yang lebih cepat.

Ia menjelaskan, percepatan diraih melalui peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan.

"Misalnya rute Gambir-Yogyakarta PP perjalanannya kini lebih singkat menjadi hanya sekitar 6 jam saja dari sebelumnya sekitar 7 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga. Percepatan juga terjadi di KA Argo Wilis rute Bandung-Surabaya Gubeng PP lebih cepat 48 menit, sehingga waktu tempuhnya menjadi 9 jam 55 menit," katanya.

Selain percepatan, KAI jug meluncurkan layanan Wifi Gratis pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Wilis, Taksaka, dan Argo Parahyangan, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital.

“Dengan Wifi gratis, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan," katanya.

Berikutnya, juga meluncurkan layanan live cooking pada KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis. Setelah sebelumnya juga dihadirkan pada KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Juni 2021

"Kami berharap, layanan ini mengobati kerinduan para penikmat perjalanan kereta api serta memberikan pengalaman berkesan saat berkuliner selama dalam perjalanan," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021