Presiden Joko Widodo menyebut Universitas Kristen Petra Surabaya telah berkontribusi penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia selama lebih dari setengah abad. 

Saat memberikan sambutan pada Dies Natalis ke-60 UK Petra secara virtual, Rabu, Presiden Jokowi mengatakan dengan rekam jejak teruji, UK Petra telah melahirkan lebih dari 45 ribu alumni yang berkiprah di berbagai bidang tersebar di seluruh dunia.

"Ini artinya UK Petra telah berkontribusi penting bagi peningkatan kualitas SDM Indonesia selama lebih dari setengah abad," kata Presiden. 

Presiden Jokowi turut mengapresiasi peran dan kontribusi UK Petra Surabaya bagi dunia pendidikan di Tanah Air untuk menjadi perguruan tinggi asuh bagi 10 perguruan tinggi swasta di Medan, Denpasar, Sumba Timur, Alor, Kupang, Soe, dan Jawa Timur.

Kepala Negara mengajak untuk terus secara sadar ikut memajukan pendidikan di daerah Indonesia timur agar masyarakat memperoleh akses pendidikan tinggi yang berkualitas. 

Rektor UK Petra Surabaya Prof. Djwantoro Hardjito mengatakan Dies Natalis ke-60 kali ini bertema Delightful Petra, Delighted World.

"UK Petra hari ini genap berusia 60 tahun, kiranya Tuhan tetap menjadi nakhoda kehidupan. Mari kita membuang hal yang tidak benar dan mengadopsi hal yang semestinya dilakukan, serta siap menanggapi berbagai perubahan," katanya. 

Ketua Panitia Dies Natalis UK Petra Dwi Setiawan mengungkapkan perayaan ini dibagi menjadi tiga segmen yaitu pembukaan, acara utama dan penutup. 

"Sengaja acara kali ini kami kemas lebih interaktif. Oleh karena itu kami mengajak para civitas hadir dalam zoom meeting agar bisa saling menyapa satu sama lain sebelum acara dimulai," ujar Dwi. 

Acara pembukaan diwarnai dengan penayangan video-video tentang perjalanan sejarah dan wawancara interaktif dengan dosen dan tenaga kependidikan UK Petra. 

Sedangkan dalam acara utama digelarlah acara pemberian berbagai penghargaan diberikan pada civitas UK Petra. Mulai dari penghargaan beasiswa pada mahasiswa, dosen berprestasi, hingga dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdikan dirinya pada UK Petra.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021