Kodam V/Brawijaya merangkul semua pihak untuk melakukan upaya penanggulangan pandemi virus corona (COVID-19) yang terjadi di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan mengemukakan upaya itu ternyata menumbuhkan empati berbagai pihak untuk saling bersinergi, salah satunya melalui penyaluran bantuan bagi warga terdampak pandemi yang dipercayakan kepada Kodam V/Brawijaya. 

"Hari ini terdapat seribu paket sembako yang diserahkan pihak Grand Mercure Surabaya City. Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis di Gedung Balai Prajurit Makodam V/Brawijaya," katanya di Surabaya, Rabu.

Kasdam mengucapkan terima kasih kepada Grand Mercure Surabaya City.

"Untuk kriteria penerima sembako diperuntukkan masyarakat terdampak pandemi, seperti keluarga yang meninggal akibat COVID-19, termasuk orang-orang yang terdampak PPKM sehingga mereka tidak bisa mencari nafkah selayaknya sebelum terjadinya wabah corona atau sebelum diberlakukan PPKM,” ujarnya.

Pendistribusian sembako itu nantinya akan dilakukan di wilayah Surabaya Raya, Madura Raya hingga kota/kabupaten yang dinilai sangat terdampak pandemi.

“Dari seribu paket sembako ini, sebanyak 500 paket kita alokasikan ke Surabaya Raya dan Madura Raya, yang 500 paket lainnya akan didistribusikan melalui jajaran Korem 081 Madiun, 082 Mojokerto atau mungkin di jajaran Korem 083 Malang,” katanya, menjelaskan.

Kodam V/Brawijaya, lanjut Kasdam, mempunyai perangkat satuan komando kewilayahan, yaitu para Babinsa yang ada di pelosok-pelosok desa. 

"Mereka bisa menyalurkan secara door to door. Mereka juga punya data yang valid data orang-orang yang memang perlu dibantu,” ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021