Komisi IV DPRD Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat bekerja ekstra menyiapkan sarana prasarana sejumlah cabang olahraga untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2022.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Situbondo Samsi Ika Sari menyatakan siap mendukung KONI, termasuk dukungan anggaran yang merupakan hal krusial untuk kesuksesan sebagai tuan rumah Porprov Jatim yang dijadwalkan pada pertengahan tahun depan.

"Dukungan anggaran itu pasti dan Komisi IV siap mengawal itu, karena kita harus sukses menjadi tuan rumah," kata Samsi, usai rapat kerja bersama Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, serta pengurus KONI di ruang Komisi IV DPRD Situbondo, Rabu.

Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga bersama KONI Situbondo agar segera mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, karena menjadi tuan rumah ajang Porprov Jatim pertaruhannya adalah nama baik daerah.

Kata Samsi, persiapan harus matang, utamanya menyiapkan atlet masing-masing cabang olahraga, serta target juara juga harus dimaksimalkan.

"Karena ini kan yang akan tampil bukan KONI atau Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, tapi lebih kepada identitas daerah," kata politikus Partai Gerindra itu.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Situbondo Sadi menyampaikan terima kasih kepada Komisi IV yang memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan sebagai tuan rumah Porprov Jatim 2022.

"Kami tentu akan terus bekerja ekstra, termasuk menyiapkan atlet masing-masing cabang olahraga. Mohon doa dan dukungan seluruh elemen masyarakat," tuturnya.

Informasi diperoleh, empat kabupaten di wilayah Tapal Kuda telah ditetapkan sebagai tuan rumah Porprov Jatim 2022, yakni Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Lumajang.

KONI Situbondo mulai menyiapkan sarana prasarana atlet yang akan berlaga pada ajang olahraga tiga tahunan tersebut, termasuk Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo menyiapkan delapan arena pertandingan cabang olahraga.

Delapan arena itu untuk cabang olahraga anggar di Gedung Serbaguna Baluran, hoki dan judo (Gedung Situbondo Sport Center), pentaque (alun-alun), angkat besi (Auditorium SMPN 1), selam orientasi bawah air dan renang perairan terbuka (Pasir Putih), dan voli pantai (Utama Raya Beach)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021