Sejumlah personel tentara Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) di bawah kendali Kapten Eric Lee Cannon tiba di Surabaya dan disambut Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto. 

Kedatangan pasukan Amerika Serikat itu dalam rangka menggelar latihan bersama "Courtesy Call Mobile Training Team/MTT SFAB US Army" gelombang ketiga, yang rencananya digelar di Yonif Raider 500/Sikatan.

"Kami merasa sangat terhormat dengan kedatangan Angkatan Darat Amerika Serikat," kata Pangdam Suharyanto saat penyambutan di Surabaya, Kamis. 

Dalam kesempatan itu, Pangdam memutar video profil Satuan Kodam V/Brawijaya, sekaligus menjelaskan wilayah teritorial Kodam V/Brawijaya yang bertanggung jawab atas empat wilayah teritorial di bawah Korem yang dipimpin oleh seorang perwira tinggi berpangkat brigadir jenderal dan tiga perwira menengah berpangkat kolonel sebagai komandan Korem.

Pangdam Mayjen Suharyanto menjelaskan beberapa tugas menjadi tanggung jawab pihak Kodam, di antaranya sebagai komando utama operasi pertahanan dan keamanan negara matra darat sesuai dengan kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat.

Jenderal bintang dua itu menambahkan latihan MTT yang berlangsung di Kodam V/Brawijaya kali ini merupakan ajang untuk mengembangkan kemampuan, khususnya di bidang taktik dan
teknik militer.

"Sekaligus menjalin hubungan bilateral yang lebih erat antar kedua negara, terlebih antara TNI Angkatan Darat dan US Army," katanya.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021