Serbuan vaksin menjelang HUT ke-76 TNI Angkatan Laut pada 10 September mendatang, vaksinator Akademi Angkatan Laut menyasar masyarakat kampung nelayan Morokrembangan, Surabaya, yang pelaksanaannya ditinjau Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Selasa.

Turut dalam peninjauan tersebut, Wagub AAL Laksma TNI Rudhi Aviantara, Sekretaris Lembaga AAL Laksma TNI Syamsul Rizal, para pejabat utama AAL dan pengurus CBS Jalasenastri AAL.

Kedatangan Gubernur AAL dan rombongan disambut Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Setlem AAL Kolonel Laut (KH) Dr. Muh. Saichu, Kasubditkes Ditpers AAL Letkol Laut (K) dr. Heru Nurdianto, Sp.U., Lurah Morokrembangan Suhendri Widyastuti dan ketua Paguyuban Nelayan Morokrembangan.

Mengutip siaran pers Bagpen AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah mengemukakan kegiatan serbuan vaksin ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-76 TNI AL tahun 2021 yang mengusung tema "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".

Serbuan vaksin ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa bagi masyarakat kampung nelayan Morokrembangan yang telah dilaksanakan pada 25 Agustus 2021. Antusias masyarakat sangat tinggi dan banyak yang belum terlayani, sehingga kapasitasnya ditingkatkan lagi.

Pada pelaksanaan serbuan vaksin kali ini, AAL menerjunkan dua tim vaksinator dengan 10 orang tenaga kesehatan Subditkes Ditpers AAL yang siap menyuntikkan vaksin 600 dosis pertama dan 100 dosis kedua vaksin Sinovac bagi peserta.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur AAL juga menyerahkan bantuan berupa 50 buah jaket keselamatan dan 50 lampu senter kepala para nelayan untuk membantu pekerjaannya dalam mencari ikan di laut, serta bantuan makanan dan snack bagi anak-anak nelayan.
 
Gubernur AAL mengingatkan para nelayan yang belum divaksin agar segera menyempatkan diri mengikuti vaksinasi. AAL turut membantu masyarakat nelayan di Surabaya dan sekitarnya dalam mendapatkan vaksinasi sebagai bagian dari pengabdian masyarakat dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 
 
Hal ini merupakan komitmen dari TNI AL dalam membantu program vaksinasi Covid-19 sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono dalam upaya menciptakan kekebalan kelompok yang dicanangkan pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 di Indonesia.

Sementara itu, Ladi (47), Ketua RW VIII Kelurahan Morokrembangan, mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut, khususnya AAL yang telah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan vaksinasi di wilayahnya.

Pewarta: Fiqih/DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021