Badan Intelijen Negara (BIN) Jawa Timur memberikan vaksin COVID-19 kepada pelajar setingkat SMA di Kabupaten Sidoarjo, untuk kesiapan menjelang pembelajaran tatap muka (PTM).

Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa, mengatakan vaksinasi itu dilakukan di beberapa sekolah di antaranya di SMA Negeri I, SMA Negeri 4, SMK Antartika, SMK Negeri I Buduran dan di Ponpes Al Muayyad Dusun Wates Desa Kedensari Kecamatan Tanggulangin.

"Selain siswa, vaksin juga diberikan ke warga Kelurahan Lemah Putro Kecamatan Sidoarjo, dosis vaksin dengan jenis sinovac," katanya di sela pelaksanaan vaksinasi kepada siswa di Ponpes Al Muayyad, Dusun Wates, Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin.

Ia mengatakan, vaksinasi kepada pelajar pihaknya menyediakan sebanyak empat ribu dosis untuk siswa SMA dan SMK, kemudian 500 dosis ke santri serta 500 dosis ke warga yang belum mendapatkan vaksin.

"Untuk mempercepat PTM di wilayah Sidoarjo kami menggelar vaksinasi ke pelajar. Selain itu kegiatan vaksinasi itu juga diberikan ke santri dan warga secara door to door," katanya.

Dalam kegiatan vaksinasi di Ponpes Al Muayyad Tanggulangin Sidoarjo para santri yang selesai divaksin melakukan video conference dengan Presiden Joko Widodo, sekaligus berdialog dengan presiden.

Dalam video conference tersebut Presiden Joko Widodo menanyakan kondisi para santri yang telah di vaksin. Menanggapi pertanyaan dari presiden pengasuh Ponpes Al Muayyad KH Abdullah Achmad mengatakan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Intinya kami mengucapkan terima kasih dengan ada vaksinasi di pondok pesantren. Manfaatnya sangat luar biasa sekali untuk keberlangsungan pembelajaran di pondok pesantren," kata Abdullah saat video conference.

Ia berharap, semoga dengan adanya vaksinasi ini segera berakhir COVID-19 sehingga pembelajaran tatap muka segera bisa dilaksanakan.

"Semoga bapak presiden diberikan kesehatan dan diberikan kesuksesan memimpin Indonesia terutama dalam menanggulangi COVID-19," kata Abdullah.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala SMA Negeri I Sidoarjo, Eko Redjo Sunariyanto mengatakan setelah semua siswa melaksanakan vaksin pihak pengajar merasa nyaman dalam PTM.

"Setelah semua pengajar dan siswa di sekolah divaksin, kami merasa nyaman. Kegiatan PTM bisa dilaksanakan lebih tenang dan menyenangkan," kata Eko. (*)

 

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021